alexametrics

TC Timnas U-19 di Spanyol, Nova Arianto: Pemain Alami Perkembangan Baik

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
TC Timnas U-19 di Spanyol, Nova Arianto: Pemain Alami Perkembangan Baik
Latihan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol (dok. PSSI)

Nova menjelaskan seluruh penggawa Garuda Nusantara dalam keadaan sehat

Suara.com - Sejak 27 Desember 2020 lalu, Timnas Indonesia U-19 sedang menjalani training camp (TC) di Spanyol. Asisten Pelatih Nova Arianto memberikan kabar tentang David Maulana dan kawan-kawan.

Nova menjelaskan seluruh penggawa Garuda Nusantara --julukan Timnas Indonesia U-19-- dalam keadaan sehat sejak tiba di Negeri Matador.

Tidak hanya itu, mantan pemain Persib Bandung dan Persebaya Surabaya ini mengaku bahwa seluruh pemain Timnas U-19 mengalami perkembangan yang baik sejak TC Spanyol di mulai.

Latihan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol (dok. PSSI).
Latihan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol (dok. PSSI).

"Para pemain saat ini mengalami perkembangan yang sangat baik dan sehat semua. Semangat dan motivasi mereka masih terjaga dalam latihan sesuai dengan program yang diberikan tim pelatih. Tentu ini hal yang bagus karena karier mereka masih panjang," kata Nova dalam rilis PSSI.

Baca Juga: Kiper Timnas Indonesia U-19 Bertekad Wujudkan Mimpi Main di Eropa

TC di Spanyol ini dilakukan sebagai persiapan menghadapi gelaran Piala Asia U-19 2020 pada Maret 2021. Garuda Nusantara berada di Grup D di kejuaraan itu bersama Uzbekistan, Iran, dan Kamboja.

Pada awalnya, TC ini juga untuk bekal menghadapi Piala Dunia U-20 2021, di mana Indonesia jadi tuan rumah. Namun, FIFA telah batalkan event tersebut sehingga Bagas Kaffa Cs. tinggal fokus menghadapi Piala Asia.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berpesan kepada pemain timnas U-19 bahwa TC di Spanyol harus dimanfaatkan dengan baik. Tentunya, ini untuk bekal di masa depan.

"Mereka harus bekerja keras dan terus bersemangat demi torehan positif di Piala Asia U-19. PSSI tetap berkomitmen terhadap timnas U-19," ujar Iriawan.

"Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain ini adalah proyeksi Timnas U-23 maupun timnas senior nantinya," tambah lelaki yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Baca Juga: Mimpi Kiper Timnas Indonesia U-19 Main di Klub Eropa

Tak hanya TC, dijadwalkan juga para pemain Timnas Indonesia U-19 akan menjalani lima laga uji coba. Yaitu melawan Gimnastic Tarragona, Lleida Esportiu U-19, Sabadell U-19, Ceuta U-19, dan Arab Saudi U-19.

Komentar