alexametrics

Kualitas Shin Tae-yong Disebut Tak Jauh Beda dengan Pelatih Lokal

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Kualitas Shin Tae-yong Disebut Tak Jauh Beda dengan Pelatih Lokal
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memberikan keterangan pers usai timnya dibantai oleh Persita Tangerang di Stadion Madya, Jumat (21/2/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Yang membedakan adalah gaya melatih dan disiplin.

Suara.com - Gelandang muda milik Bali United, Sidik Saimima, menceritakan pengalamannya selama menjalani training camp (TC) bersama Timnas Indonesia U-23 di Jakarta Desember lalu. Ia menjelaskan Pelatih Shin Tae-yong tak jauh berbeda dari pelatih lokal.

Yang membedakan menurut Sidik adalah gaya melatih serta taktik dari juru taktik asal Korea Selatan itu. Kedisiplinan dan tegas melatih menjadi kunci Shin Tae-yong di lapangan, dan itu tidak berbeda dengan kualitas pelatih lokal yang ada di Indonesia.

"Tipikal Coach Shin yang keras dan disiplin ini sebenarnya juga tidak terlalu jauh berbeda dengan tim pelatih lokal yang ada di Indonesia," kata Sidik dikutip dari laman resmi klub, Kamis (14/1/2021).

"Berbeda mungkin dari cara melatih dan strategi, tapi secara keseluruhan juga pelatih lokal sama bagus kualitasnya," jelasnya.

Baca Juga: Kecewa Piala Dunia U-20 Batal, Shin Tae-yong Minta Pemain Tetap Semangat

Pemain Bali United Sidik Saimima saat ikut TC bersama Timnas Indonesia U-23 (Dok. Bali United)
Pemain Bali United Sidik Saimima saat ikut TC bersama Timnas Indonesia U-23 (Dok. Bali United)

Meski demikian, pemain asal Tulehu ini menikmati TC bersama Timnas Indonesia U-23. Banyak hal yang ia dapatkan dari Shin Tae-yong terutama terkait meningkatkan fisik dan mental.

"Saya melihat Coach Shin salah satu pelatih Asia yang disiplin. Banyak hal yang diterapkan mengenai kedisiplinan. Mulai dari pola makan, minum, latihan dan istirahat," ucapnya.

"Yang ditekankan Beliau juga adalah perihal fisik dan mental setiap pemain saat latihan. Saya menikmati juga setiap sesi latihan waktu itu," pungkasnya.

Sidik merupakan salah satu pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-23 untuk menghadapi SEA Games 2021.

Selain Sidik, pemain Bali United lainnya yang dipanggil Shin Tae-yong adalah Kadek Agung dan Nadeo Arga Winata.

Baca Juga: JDT Akan Pinjamkan Syahrian Abimanyu ke Newcastle Jets, Ini Kata Sang Ayah

Kemungkinan Shin Tae-yong akan kembali memanggil skuat Timnas Indonesia U-23 untuk mengikuti TC pada Februari mendatang. Pelatih berusia 51 tahun itu kabarnya akan menyertakan beberapa nama pemain senior untuk ikut serta.

Diberitakan sebelumnya Timnas Indonesia senior akan bertanding di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Maret mendatang.

Skuat Garuda dijadwalkan bertandang ke Thailand pada 25 Maret, sebelum menjamu Uni Emirat Arab (UEA) lima hari setelahnya.

Komentar