alexametrics

Jelang Pemilihan Presiden Barcelona, Hanya 3 Kandidat yang Memenuhi Syarat

Syaiful Rachman
Jelang Pemilihan Presiden Barcelona, Hanya 3 Kandidat yang Memenuhi Syarat
Joan Laporta, mantan Presiden Barcelona yang berencana kembali maju dalam pemilihan 24 Januari mendatang menghadiri acara kampanye pada 11 Desember 2020. [AFP]

Tiga kandidat yang maju dalam pemilihan presiden Barcelona pada 24 Januari adalah Joan Laporta, Victor Font, dan Toni Freixa.

Suara.com - Dewan Pemilihan Presiden Barcelona 2021 telah menetapkan tiga kandidat resmi Presiden Barcelona yang bakal digelar pada 24 Januari mendatang. Tiga kandidat tersebut adalah Joan Laporta, Victor Font, dan Toni Freixa.

Sebelumnya, sejumlah nama juga mencalonkan diri sebagai kandidat Presiden Barcelona. Mereka Agusti Benedito, Xavi Vilajoana, Jordi Farre, Lluis Fernandez Ala, Pere Riera, Joan Laporta, Victor Font, Toni Freixa dan Emili Rousaud.

Namun, mayoritas calon kandidat tersebut tidak bisa melangkah ke fase selanjutnya lantaran tidak bisa memenuhi persyaratan.

Hanya Joan Laporta, Victor Font, dan Toni Freixa yang mampu melengkapi semua persyaratan untuk bisa dipilih sebagai presiden baru Barcelona menggantikan Joseph Maria Bartemou.

Baca Juga: Terlihat Lemah Lembut, Istri Lionel Messi Ternyata Jago Tinju

Pejabat FC Barcelona berpose bersama usai sebuah acara di Camp Nou, 20 Juli 2015 [AFP]
Pejabat FC Barcelona berpose bersama usai sebuah acara di Camp Nou, 20 Juli 2015 [AFP]

Selain syarat administratif, Joan Laporta, Victor Font, dan Toni Freixa berhasil memenuhi persyaratan tanda tangan dukungan minimal 2.527 tanda tangan dan dana jaminan sebesar 125 juta euro.

''Berdasarkan hasil pertemuan Dewan Pemilihan Presiden Barcelona pada Kamis (14/1/2021) waktu setempat, telah ditetapkan tiga kandidat resmi presiden Barcelona," bunyi pernyataan resmi Barcelona yang dimuat Marca, Jumat (15/1/2021).

"Setelah melakukan validasi tanda tangan dukungan, Joan Laporta, Victor Font, dan Toni Freixa berhak maju ke proses pemilihan presiden Barcelona selanjutnya, sesuai pasal 48.5 dari statuta klub.''

Joan Laporta, yang pernah menjabat sebagai presiden Barcelona, menyertakan 10.272 tanda tangan dukungan. Namun, hanya 9.625 yang dinilai valid.

Sementara tanda tangan dukungan terhadap Victor Font dari 4.713 tanda tangan yang didaftarkan, hanya 4.431 yang tervalidasi.

Baca Juga: Koeman Belum Bisa Pastikan Messi Fit Tampil di Final Piala Super Spanyol

Sedangkan Toni Freixa, yang mendaftarkan 2.882 tanda tangan, hanya 2.634 yang divalidasi.

Tiga kandidat presiden Barcelona tersebut dijadwalkan bertemu dengan Presiden ad interim Barcelona, Carles Tusquets, di markas besar Barcelona pada Jumat (15/1/2021) waktu setempat.

Nantinya, 110.569 anggota klub dan pemilik suara akan memilih pengganti Bartemou yang mengundurkan diri, beberapa waktu lalu.

Pemungutan suara akan ditempatkan di sejumlah wilayah; Camp Nou, Tarragona, Lleida, Girona, Tortosa, Andorra, Valencia, Madrid, Seville, dan Palma.

Komentar