alexametrics

Tampil Apik Bersama PSM di Piala Menpora, Hilman Syah Layak Masuk Timnas

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Tampil Apik Bersama PSM di Piala Menpora, Hilman Syah Layak Masuk Timnas
Kiper andalan PSM Makassar, Hilman Syah. [Laman resmi PSM Makassar]

Hilman Syah mencuri perhatian, khususnya di laga leg kedua semifinal kontra Persija

Suara.com - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto menganggap bahwa kiper PSM Makassar, Hilman Syah layak masuk skuad Garuda. Ini berkat penampilan gemilangnya di ajang Piala Menpora 2021.

Puncaknya adalah ketika melawan Persija Jakarta di semifinal leg kedua Piala Menpora yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo Minggu (18/4/2021) malam WIB.

Ketika adu tendangan penalti, Hilman berhasil menggagalkan eksekusi empat algojo Persija. Sayang, PSM tetap gagal ke final karena kalah dengan skor 3-4 di babak tos-tosan ini.

Meski begitu, penampilan Hilman Syah tetap menarik perhatian, termasuk dari jajaran tim kepelatih Timnas Senior Indonesia.

Baca Juga: Prediksi Chelsea vs Brighton di Liga Inggris dan 4 Berita Bola Terkini

Nova Arianto mengaku ada peluang bagi kiper berusia 23 tahun itu masuk dalam training camp (TC) terdekat timnas.

"Saya menonton dan selalu memperhatikan semua pemain yang tampil baik di Piala Menpora dan berpotensi untuk bisa masuk ke TC Timnas Indonesia," kata Nova Arianto saat dihubungi awak media, Selasa (20/4/2021).

Asisten Pelatih timnas Indonesia U-19 Nova Arianto saat ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (20/1/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

"Satu di antara pemain yang tampil baik dan berpotensi di Piala Menpora adalah Hilman Syah. Dia bermain sangat baik ketika melawan Persija. Saya rasa dia layak dicoba ke Timnas Indonesia," sambung eks penggawa Persib Bandung itu.

Meski begitu, keputusan bukan ada di tangan Nova. Ada pelatih kiper yang lebih berhak menentukan penjaga gawang di TC Timnas Indonesia. Selain itu tentu juga ada Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia.

"Namun, mengenai siapa kiper yang akan dipanggil ke Timnas Indonesia, staf pelatih kiper akan lebih paham tentang kriteria kiper yang layak untuk timnas," tukas Nova.

Baca Juga: PSS Sleman Terancam Sanksi dari Panitia Piala Menpora, Ini Penyebabnya

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan melakukan TC di Jakarta pada 1 Mei 2021. Pemusatan latihan ini digelar sebagai persiapan menghadapi sisa laga di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Juni mendatang.

Selain itu, skuat Garuda juga bakal melakoni pertandingan uji coba melawan Afghanistan (25 Mei) dan Oman (28 Mei).

Partai persahabatan ini akan digelar di Uni Emirat Arab (UEA) yang merupakan venue Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Setelah itu barulah Timnas Indonesia tanding di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Armada Shin Tae-yong akan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni.

Komentar