alexametrics

UEA Minta Maaf Salah Putar Lagu Indonesia Raya, PSSI Lapor ke AFC

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
UEA Minta Maaf Salah Putar Lagu Indonesia Raya, PSSI Lapor ke AFC
Skuad Timnas Indonesia saat pertandingan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Zabeel, Dubai, Jumat (11/6/2021) malam. (Dok. PSSI).

Insiden salah putar lagu kebangsaan tersebut terjadi saat Timnas Indonesia vs UEA

Suara.com - Federasi sepakbola Uni Emirat Arab selaku panitia pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G antara Timnas Indonesia vs UEA telah meminta maaf terkait salah putar lagu kebangsaan Indonesia kepada PSSI.

Seperti diketahui, pada pertandingan tersebut sempat ada insiden salah putar lagu kebangsaan. Di mana seharusnya yang diputar lagu Indonesia Raya, namun panitia malah memainkan lagu kebangsaan Malaysia, Negaraku.

Momentum yang berlangsung di Stadion Zabeel itu tentu membuat para pemain bingung saat akan menyanyikan Indonesia Raya, karena berbunyi justru lagu kebangsaan negara lain.

Protes sempat dilayangkan para pemain, ofisial, dan tim pelatih Timnas Indonesia sebelum pada akhirnya panpel menggantinya dengan lagu yang benar.

Baca Juga: Gagal Raih Satu pun Kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Pelatih Timnas Tak Puas

Terkait kejadian ini pihak UEA sudah meminta maaf. Ini diakui oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi yang telah menerima surat permohonan maaf dari UEA.

"Barusan UEA kirim surat penyampaian permohonan maaf ke PSSI," kata Yunus Nusi saat dikonfirmasi Suara.com, Sabtu (12/6/2021).

Meski sudah ada permintaan maaf, PSSI tetap melaporkan kejadian ini kepada AFC secara lisan. Hal ini dengan harapan kejadian tersebut tak terulang kembali.

"Secara lisan kami juga sudah menyampaikan ke AFC tentang kesalahan ini," tambah mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Adapun jalannya pertandingan berakhir dengan kekalahan telak buat Timnas Indonesia. Skuad Garuda dibantai dengan skor 0-5 oleh UEA.

Baca Juga: Setibanya di Tanah Air, Skuad Timnas Indonesia Langsung Dievaluasi

Komentar