alexametrics

Cara Marc Klok Jadikan Media Sosial Sebagai Wadah Pembelajaran

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Cara Marc Klok Jadikan Media Sosial Sebagai Wadah Pembelajaran
Pemain Persija Jakarta, Marc Klok (dok. Persija)

Pemain Persija Jakarta itu punya perspektif lain dalam memandang media sosial.

Suara.com - Media sosial tak sekadar bermanfaat untuk memperlancar komunikasi atau hiburan semata. Dari sana kita bisa mendapatkan ilmu serta belajar berbagai banyak hal.

Seperti apa yang dilakukan gelang Persija, Marc Klok. Pemain bernomor punggung sepuluh tersebut punya perspektif lain dalam memandang media sosial.

Menurut Klok, media sosial dapat pula dijadikan saluran pembelajaran. Pemain naturalisasi berdarah Belanda itu mengaku banyak belajar dari kehidupan pesepakbola kenamaan dunia lewat media sosial.

“Lewat media sosial saya bisa mengamati top players dunia tentang bagaimana kehidupan mereka di luar lapangan, seperti makanan apa yang mereka santap untuk menjaga kondisi,” kata Klok dilansir dari laman resmi klub.

Baca Juga: Liga 1 2021-2022 Dipastikan Tanpa Penonton di Stadion Sepanjang Musim

Klok diketahui cukup banyak mengikuti pesohor lapangan hijau Eropa lewat media sosial. Seperti di Instagram misalnya.

Mantan pemain PSM Makassar itu mengikuti akun Instagram pemain-pemain top seperti gelandang Adrien Rabiot, Thiago Alcantara, dan Frenkie de Jong.

Karena hal tersebut pun Klok mengaku kian termotivasi untuk menjadi pesepak bola profesional yang lebih baik seperti mereka semua.

“Cara itu membuat saya semakin berfokus mengembangkan diri. Saat mereka bisa mencetak gol tertentu yang luar biasa, saya kemudian melihat latihan seperti apa yang mereka lakukan,” pungkasnya.

Klok adalah salah satu pemain kunci Persija Jakarta. Posisinya cukup penting di lini tengah skuad kebanggaan Jakmania tersebut.

Baca Juga: Jadwal Musim Baru Liga 1 Dirilis, PSS Sleman vs Persija Jakarta Jadi Laga Pembuka

Penampilannya yang cemerlang membuatnya berhasil membawa Macan Kemayoran --julukan Persija-- jadi kampiun Piala Menpora 2021. Ia bahkan menyabet gelar pemain terbaik turnamen tersebut.

Komentar