alexametrics

Virgil van Dijk Bantah Pimpin Aksi Timnas Belanda Tolak Louis van Gaal

Rully Fauzi
Virgil van Dijk Bantah Pimpin Aksi Timnas Belanda Tolak Louis van Gaal
Mantan pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal. [Oli SCARFF / AFP]

Sebelumnya santer dikabarkan Van Gaal akan 'turun gunung' dan menjadi pengganti Frank de Boer sebagai pelatih Belanda.

Suara.com - Bek senior Timnas Belanda, Virgil van Dijk membantah keras pemberitaan yang menyebutkan bahwa dirinya memimpin pemberontakan skuad De Oranje untuk menolak Louis van Gaal sebagai pelatih baru tim. Van Dijk menyebutnya sebagai 'omong kosong besar'.

Seperti diketahui, jabatan pelatih kepala Timnas Belanda kini kosong setelah Frank de Boer memutuskan mundur, setelah De Oranje secara mengecewakan disingkirkan Republik Ceko di babak 16 besar Euro 2020 lalu.

Sebagai penggantinya, santer dikabarkan jika KNVB (PSSI-nya Belanda) mengincar pelatih gaek Louis van Gaal untuk menjadi pelatih anyar Belanda.

Van Gaal, yang akan berusia 70 tahun bulan depan, sejatinya telah memutuskan untuk pensiun sepenuhnya dari dunia kepelatihan pada Maret 2019 lalu, setelah kenyang pengalaman melatih klub-klub top macam Ajax, Barcelona, Bayern Munich, hingga Manchester United, bahkan juga pernah membesut Timnas Belanda di dua periode; pada 2000-2002 dan 2012-2014.

Baca Juga: Untuk Kali Kedua, Arjen Robben Umumkan Gantung Sepatu

Namun seperti dikabarkan media-media ternama Belanda, Van Gaal diyakini siap 'turun gunung' alias kembali melatih negaranya untuk yang ketiga kalinya. Ya, sang meneer disebut-sebut siap untuk comeback dari masa pensiunnya dan kembali melatih dalam waktu dekat ini.

Akan tetapi, konon beberapa pemain senior Timnas Belanda menolak rencana dari KNVB ini, dengan Van Dijk diyakini sebagai salah satu yang paling menentang terkait penunjukan Van Gaal, lantaran gaya kepelatihan sang juru taktik yang keras dan dianggap sudah usang untuk sepakbola modern.

Van Dijk sendiri akhirnya merespons kabar yang kian simpang siur ini.

Bek sekaligus kapten Timnas Belanda, Virgil van Dijk tampil dalam laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 kontra Belarusia di Dinamo Stadium, Minsk, Senin (14/10/2019) dini hari WIB. [Sergei GAPON / AFP]
Virgil van Dijk (kiri) memperkuat Timnas Belanda pada Oktober 2019 lalu. [Sergei GAPON / AFP]

Lewat akun Twitter pribadinya, Van Dijk yang berstatus kapten Timnas Belanda, sebelum harus absen di Euro 2020 karena cedera dan posisinya sebagai skipper digantikan Georginio Wijnaldum, membantah keras jika dirinya memimpin skuad Belanda untuk menolak kehadiran Van Gaal.

"Kabar ini, cerita ini sepenuhnya salah!" demikian cuit Van Dijk, seperti dilansir Football Oranje, Senin (19/7/2021).

Baca Juga: Sambut Pramusim, Jurgen Klopp Update Kondisi Virgil van Dijk dan Joe Gomez

"Tidak pernah lebih penting bagi jurnalis untuk mengatakan yang sebenarnya dan tidak hanya mengada-ada! Ini omong kosong besar. Tidak tahu malu Mr. Mullock (jurnalis The Mirror yang memberitakan Van Dijk memimpin pemberontakan tersebut)," ketus pemain berusia 30 tahun andalan Liverpool itu.

Komentar