alexametrics

Makna Angka 96 yang Begitu Melekat bagi Fans Liverpool

Irwan Febri Rialdi
Makna Angka 96 yang Begitu Melekat bagi Fans Liverpool
Suporter Liverpool memberikan dukungan saat tim kesayangan mereka menjamu Watford di Anfield pada 27 Februari 2019 [AFP]

Angka 96 memiliki arti tersendiri bagi fans Liverpool. Simak ulasannya

Suara.com - Bagi suporter dan pendukung Liverpool, 96 bukan hanya sekedar angka. Sebab, ia memiliki makna yang begitu mendalam.

Angka ini merujuk pada jumlah korban yang meninggal dunia akibat Tragedi Hillsborough, sebuah peristiwa memilukan yang terjadi pada 15 April 1989.

Pada peristiwa itu, terjadi insiden yang mengakibatkan kematian penonton sepak bola karena saling berjejalan. 

Insiden itu terjadi pada pertandingan semifinal Piala FA yang mempertemukan Liverpool dan Nottingham Forest di kandang Sheffield Wednesday di Kota Sheffield, Inggris. 

Baca Juga: Punya Atribut Komplet, Kalvin Phillips Dinilai Cocok untuk Liverpool

Bagi publik Inggris, ini menjadi bencana kecelakaan di stadion yang menelan korban tertinggi dalam sejarah olah raga mereka.

Saat itu, terjadi penumpukan penonton yang mengakibatkan over kapasitas di bagian tribune Leppings Lane. Pada laga itu, tribune ini memang dikhususkan bagi pendukung Liverpool.

Momen ini sebetulnya sudah sangat jelas sejak awal bahwa kepadatan akan menjadi masalah dengan tingginya jumlah pendukung yang akan masuk.

Seorang petugas kepolisian sebetulnya sudah mengirim informasi agar pertandingan ditunda. 

Ini dilakukan untuk memastikan bahwa para pendukung bisa memasuki stadion dengan aman. Sayangnya, permintaan polisi itu ternyata ditolak.

Baca Juga: Kemampuan Saul Niguez Dipertanyakan, Diego Simeone Geram

Akhirnya, fans terus mengalir ke Hillsborough dalam jumlah yang besar. Polisi pun tak campur tangan untuk membendung kerumunan ii.

Komentar