alexametrics

Eldor Shomurodov, Andalan AS Roma yang Dulu Pernah Lawan Timnas Indonesia

Reky Kalumata
Eldor Shomurodov, Andalan AS Roma yang Dulu Pernah Lawan Timnas Indonesia
Pemain depan AS Roma Uzbekistan Eldor Shomurodov (kanan) merayakan golnya dengan rekan setimnya pemain depan Roma Italia Stephan el-Shaarawy saat laga persahabatan di stadion Olimpiade di Roma pada 14 Agustus 2021. Andreas SOLARO / AFP

Pemain Uzbekistan ini telah menjadi salah satu pilar skuat besutan Jose Mourinho

Suara.com - Eldor Shomurodov menjadi salah satu pilar AS Roma musim ini. Namun siapa sangka, pemain asal Uzbekistan ini punya sejarah berlaga dengan Timnas Indonesia.

Pada 2014, Eldor merupakan salah satu pemain Timnas Uzbekistan yang mentas di Piala Asia U-19. Tergabung di Grup B, dia dan para rekan-rekannya meumbangkan Garuda Nusantara dengan skor 3-1.

Tujuh tahun berlalu, Eldor sudah menjejak karier di Italia. Namun lawan-lawannya, masih berkutat di dalam negeri.

Jalan Karier Eldor

Baca Juga: Lima Pemain Utama Arema FC Dipanggil Timnas Indonesia

Striker AS Roma asal Uzbekistan, Eldor Shomurodov melakukan sujud syukur usai mencetak gol di laga pramusim. [Andreas SOLARO / AFP]
Striker AS Roma asal Uzbekistan, Eldor Shomurodov melakukan sujud syukur usai mencetak gol di laga pramusim. [Andreas SOLARO / AFP]

Karier profesional Eldor dimulai dengan bergabungnya ia dengan Mash’al Mubarek. Ia berstatus sebagai pemain promosi dari tim U-21 pada 1 Januari 2014.

Tiga tahun sebelumnya, ia sudah bermain bersama tim muda Mash’al Mubarek. Setelah menimba ilmu, akhirnya Shomurodov berhasil naik kelas ke tim utama.

Eldor nenjalani debutnya bersama tim yang berkompetisi di level tertinggi Liga Uzbekistan itu terjadi pada 12 April 2014 saat melawan Olmaliq.

Selama musim itu, penain kelahiran 1995 itu mencatatkan sembilan penampilan bersama Mash’al Mubarek. Saat itu, usianya masih terbilang muda: 19 tahun.

Satu musim berselang, Eldor mendapat tawaran uuntuk bergabung bersama Bunyodkor pada 2015. Pada musim pertamanya bersama Bunyodkor, ia mentas sebanyak19 pertandingan dan menyumbang sembilan gol di seluruh lintas kompetisi.

Baca Juga: Marc Klok Belum Bisa Bela Timnas Indonesia, Ini Penyebabnya

Setelah puas bermain di kompetisi domestik, tawaran dari luar negeri datang. Tim pertama yang disinggahi Shomurodov ialah FC Rostov, klub yang berkompetisi di level tertinggi Liga Rusia. Kesepakatan kontrak itu terjadi pada 15 Juli 2017.

Setelah tiga tahun malang melintang di Rusia bersama FC Rostov, karier Shomurodov semakin melesat. Dirinya kemudian merantau ke negara lain.

Adalah Liga Italia yang menjadi pelabuhan barunya. Eldor bergabung dengan Genoa. Pada musim pertamanya bersama Genoa, Eldor tampil sebanyak 32 pertandingan dengan catatan delapan gol dan dua assist.

Berkat catatan itu mengantarkan dirinya ke AS Roma. Klub Ibu Kota ini merekrut Eldor dan telah diresmikan pada awal Agustus 2021.

Eldor yang baru berusia 26 tahun ini mendapatkan kontrak jangka panjang hingga 2026. Il Lupi rela merigoh kocek dalam sebesar 17,5 juta euro. Dengan demikian Eldor akan menjalani hari-harinya selama lima tahun.

Saat ini, Shomurodov juga tercatat sebagai penyerang andalan timnas Uzbekistan. Ia sudah membukukan 21 gol selama 44 penampilannya bersama timnas Uzbekistan.

Penulis: Kusuma Alan

Komentar