alexametrics

Profil Victor Igbonefo, Pemain Tertua yang Ikut TC Timnas Indonesia

Rully Fauzi
Profil Victor Igbonefo, Pemain Tertua yang Ikut TC Timnas Indonesia
Bek veteran Persib Bandung, Victor Igbonefo. (Antara/Instagram)

Timnas Senior Indonesia dipersiapkan untuk melakoni laga play-off kualifikasi Piala Asia.

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membuat kejutan dengan memanggil pemain naturalisasi, Victor Igbonefo, untuk mengikuti pemusatan latihan alias training camp (TC) timnas Indonesia.

Victor Igbonefo menjadi pemain yang berusia paling senior di antara 36 nama pemain yang dipilih Shin Tae-yong untuk menjalani TC Timnas Senior Indonesia.

Ini menjadi pemanggilan pertama kali bagi Victor Igbonefo sejak Shin Tae-yong mengambil alih kursi kepelatihan Timnas Indonesia.

Sebelumnya, bek sentral veteran Persib Bandung itu tercatat terakhir kali dipanggil Timnas Indonesia saat masih berada di bawah arahan Simon McMenemy.

Baca Juga: Profil Aqil Savik, Kiper Minim Jam Terbang yang Dipanggil Timnas Indonesia

Jika dibandingkan dengan seluruh nama pemain yang dipanggil pada TC kali ini, Igbonefo memang berstatus sebagai pemain yang paling uzur.

Sebab, saat ini usianya telah menginjak 35 tahun. Meskipun demikian, Igbonefo masih menjadi andalan pelatih Persib, Robert Alberts di kompetisi Liga 1 2021-2022.

Profil Victor Igbonefo

Victor Igbonefo merupakan pesepak bola kelahiran Enugu, Nigeria, pada 10 Oktober 1985. Pemain berpostur 183 cm ini bermain sebagai bek tengah.

Pemain yang memiliki nama lengkap Victor Chukwuekezie Igbonefo ini tercatat mulai berkiprah di Indonesia bersama Persipura Jayapura.

Baca Juga: Deretan Klub Penyumbang Pemain Terbanyak untuk TC Timnas Indonesia

Kariernya itu berawal pada tahun 2005. Sebelumnya, dia tercatat sebagai pemain First Bank FC.

Selama bermain bersama tim Mutiara Hitam, Igbonefo memang dikenal sebagai salah satu bek tangguh di kompetisi sepak bola Indonesia.

Karakter bermainnya memang sangat disiplin saat bertugas untuk mengawal lini pertahanan Persipura. 

Selama bermain bersama tim asal Bumi Cenderawasih itu, Igbonefo berhasil meraih sederet gelar juara seperti Liga Indonesia (2005) dan dua edisi Indonesia Super League yakni pada 2008/2009, dan 2010/2011.

Sejumlah klub Indonesia yang pernah menggunakan jasanya ialah Pelita Jaya (2011-2012), Arema Cronus (2012-2015), dan terakhir Persib Bandung.

Sebetulnya, ia pernah berkiprah di kompetisi sepak bola Thailand bersama Chiangrai United (2012), Osotspa Samut Prakan, Navy, Nakhon Ratchasima, hingga PTT Rayong.

Sementara itu, status kewarganegaraan Indonesia sebetulnya telah didapatkan Igbonefo sejak 10 Oktober 2011.

Saat itu, Igbonefo sudah bisa menggunakan jersi timnas Indonesia pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2014.

Sedangkan debutnya untuk skuad Garuda dicatatkan Igbonefo saat timnas Indonesia menghadapi Arab Saudi pada ajang Pra Piala Asia 2015, tepatnya pada 23 Maret 2013.

[Muh Adif Setiawan]

Komentar