alexametrics

Jadwal Sepak Bola Putra PON Papua 2021: Ada Sumut vs Jawa Tengah

Arief Apriadi
Jadwal Sepak Bola Putra PON Papua 2021: Ada Sumut vs Jawa Tengah
Ilustrasi sepak bola PON XX Papua. ANTARA/Juns

Pertandingan penyisihan grup sepak bola putra PON Papua 2021 hari ini akan berlangsung mulai pukul 15.00 WIT atau 13.00 WIB.

Suara.com - Babak penyisihan grup sepak bola putra PON XX Papua 2021 akan berlanjut pada Selasa (28/9/2021) sore di Kota dan Kabupaten Jayapura. Dua tim wakil Sumatera yakni Sumatera Utara dan Aceh akan mulai berlaga di hari kedua ini.

Sumut merupakan provinsi tersukses dalam sejarah sepak bola PON, dengan koleksi empat medali emas semenjak pesta olahraga empat tahunan itu mulai dilangsungkan pada 1948.

Hanya saja, sudah lebih dari tiga dasawarsa lamanya sejak Sumut terakhir kali menorehkan prestasi tertinggi di cabang olahraga sepak bola PON.

Terakhir kali Sumut membawa pulang medali emas sepak bola putra terjadi pada PON XII di Jakarta pada 1989. Dalam PON XVII Riau 2012, Sumut kembali menjejaki partai final tapi harus berpuas diri dengan raihan perak setelah menyerah 0-2 melawan Kalimantan Timur.

Baca Juga: PON Papua: DIY Sabet Medali Perunggu dan Perak dari Cabor Sepatu Roda

Kini Sumut tiba di Bumi Cendrawasih di bawah komando pelatih kepala Colly Misrun yang menargetkan anak-anak asuhnya bisa membuka jalan hingga ke babak semifinal.

Sumut akan melakoni ujian pertama dalam mewuujudkan target tersebut dengan menghadapi Jawa Tengah dalam pertandingan pertama mereka di Grup B yang dijadwalkan berlangsung mulai pukul 15.00 WIT di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura.

Jateng kini ditangani Eko Riyadi, yang menyatakan masih optimistis bisa meloloskan diri ke babak enam besar meski tergabung di Grup B yang dianggap grup neraka, sebab selain dihuni Sumut terdapat juga Jawa Timur yang pada Senin kemarin sukses melumat Sulawesi Selatan 3-0.

Target ambisius Aceh

Pada saat bersamaan, di Stadion Barnabas Yaouwe, Kabupaten Jayapura, Aceh sebagai wakil Pulau Sumatra lainnya akan menghadapi Sulawesi Utara untuk penyisihan Grup C.

Baca Juga: PON Papua: Hari Kedua Babak Penyisihan, Tim Tenis Jatim Dominasi Nomor Beregu

Kedua tim terbilang cukup lama absen dalam sepak bola putra PON. Aceh terakhir kali tampil dalam PON 2008, sedangkan Sulut delapan tahun lebih lama absen.

Komentar