facebook

Profil Sebastien Thill, Sang Penentu Kemenangan Sheriff Tiraspol atas Real Madrid

Rully Fauzi
Profil Sebastien Thill, Sang Penentu Kemenangan Sheriff Tiraspol atas Real Madrid
Gelandang serang Sheriff Tiraspol, Sebastien Thill (kiri) tampil pada laga Liga Champions kontra Real Madrid di Santiago Bernabeu, Rabu (29/9/2021) dini hari WIB. [JAVIER SORIANO / AFP]

Gol telat pemain asal Luksemburg itu menghadirkan kekalahan 1-2 bagi Real Madrid di Santiago Bernabeu.

Suara.com - Gelandang serang andalan Sheriff Tiraspol, Sebastien Thill, menjadi bintang kemenangan timnya saat berjumpa Real Madrid pada matchday 2 babak penyisihan grup Liga Champions 2021/2022.

Sebastien Thill sukses mencetak gol kemenangan untuk Sheriff Tiraspol setelah sempat ditahan imbang oleh Real Madrid dalam duel yang berlangsung di Santiago Bernabeu, Rabu (29/9/2021) dini hari WIB.

Awalnya, Sheriff Tiraspol sempat unggul terlebih dahulu pada menit ke-25 lewat aksi Jasurbek Yakhshiboev. Los Blancos pun sukses membalas lewat eksekusi penalti Karim Benzema saat pertandingan memasuki menit ke-65’.

Namun, menjelang akhir pertandingan, atau tepatnya pada menit ke-89, Sebastien Thill sukses mengoyak jala gawang Real Madrid dan memastikan timnya meraup poin penuh di kandang lawan.

Baca Juga: Fakta Menarik Sheriff Tiraspol, Klub Moldova yang Permalukan Real Madrid

Dengan satu golnya tersebut, Sebastien Thill sukses membawa Sheriff Tiraspol memuncaki klasemen sementara Grup D dengan meraup enam poin.

Ini menjadi kemenangan kedua bagi klub asal Moldova itu pada babak penyisihan grup Liga Champions musim ini. Pada matchday sebelumnya, mereka sukses menghajar Shakhtar Donetsk dua gol tanpa balas.

Profil Sebastien Thill

Sebastien Thill merupakan gelandang kelahiran Luksemburg, 29 Desember 1993. Saat ini, dia berstatus sebagai pemain Sheriff Tiraspol yang dipinjam dari Progres Niederkorn.

Karier profesionalnya bermula pada tahun 2009 saat bermain bersama CS Petange di kompetisi domestik Luxemburg. Di sana, ia bermain hingga tahun 2012.

Baca Juga: Villarreal Waspadai MU, Unai Emery Sebut Ronaldo dan Cavani Penyerang Menakutkan

 Kemudian, ia memutuskan pindah ke Progres Niederkorn.  Bersama klub ini, Thill sempat mencatatkan debut di ajang Eropa saat timnya bermain menghadapi Shamrock Rovers pada babak kualifikasi UEFA National League 2015/2016.

Dua tahun berselang, yakni pada babak kualifikasi Liga Eropa 2017/2018, Thill mencatatkan gol debutnya di Eropa. Saat itu, timnya sukses menang melawan wakil Skotlandia, Rangers FC dengan agregat 2-1.

Sebastien Thill sempat menjalani masa peminjaman selama satu musim bersama klub Rusia, FC Tambov, pada tahun 2020. 

Beberapa bulan berselang, Sheriff Tiraspol bergantian menggunakan jasa Sebastien Thill dari Progres Niedercom dengan masa peminjaman selama 1,5 musim.

Bersama tim barunya itu pula, Sebastien Thill sukses mewujudkan mimpinya untuk tampil di ajang Liga Champions.

Bahkan, pemain Timnas Luksemburg ini juga mencatatkan gol pertamanya di Liga Champions saat bertandang ke markas Real Madrid pada matchday 2 Grup D.

Dengan golnya tersebut, pemain berusia 27 tahun ini tercatat sebagai pesepak bola Luksemburg pertama dalam sejarah yang mencetak gol di pentas Liga Champions.

Sebetulnya, Sebastien Thill tak menyangka bahwa timnya mampu meraih kemenangan melawan klub sebesar Real Madrid.

Bahkan, ia juga masih belum mempercayai bahwa dirinya mampu menjebol gawang Real Madrid. Terlebih, gol itu dicetak di Santiago Bernabeu.

“Kami sangat bahagia. Kami bermain dengan sangat baik. Tim ini bermain dengan sangat berani sungguh beruntung saya dapat mencetak gol yang mengejutkan,” kata Thill, dikutip dari laman resmi UEFA.

Bagi sang gelandang serang, satu-satunya gol yang bersarang di gawang Real Madrid itu bakal menjadi kenangan indah sepanjang hidupnya.

Sebab, bagaimanapun juga, itu adalah sejarah serta pencapaian tersendiri yang pernah diukir dalam kariernya sebagai pesepak bola.

“Ini merupakan gol terbaik dan paling penting sepanjang karier saya di dunia sepak bola. Hal itu sudah pasti,” katanya.

“Kami akan menghadapi pertandingan secara bertahap. Grup ini sangat berat dan kami akan mengerahkan seluruh kekuatan yang kami miliki,” pungkas Sebastien Thill.

[Muh Adif Setiawan]

Komentar