alexametrics

5 Pencetak Gol Termuda di Liga Champions, Salah Satunya Ansu Fati

Reky Kalumata
5 Pencetak Gol Termuda di Liga Champions, Salah Satunya Ansu Fati
Penyerang sayap Barcelona, Ansu Fati. [LLUIS GENE / AFP]

Wonderkid Barcelona ini pemegang rekor pencetak gol termuda sepanjang sejarah Liga Champions

Suara.com - Liga Champions tak hanya menjadi panggung para bintang papan atas sepak bola. Ada kalanya para pemain muda juga unjuk gigi di ajang tertinggi antar klub se Eropa ini.

Saat ini, Liga Champions identik dengan panggung para pemain bintang atau senior. Sehingga jarang para pemain muda mendapat tempat atau bermain.

Ketatnya kompetisi di Liga Champions membuat suatu tim mau tak mau lebih menurunkan pemain berpengalaman ketimbang para pemain muda agar tetap kompetitif.

Meski begitu, ada pula beberapa tim yang mempercayakan satu tempat untuk pemain muda karena kualitasnya yang tak kalah dari pemain senior.

Baca Juga: Pelatih Bayern Munich Julian Nagelsmann Positif COVID-19

Karena mendapat kesempatan itu, para pemain muda ini kemudian bisa unjuk gigi di Liga Champions, salah satunya dengan cara mencetak gol.

Alhasil para pemain muda yang mencetak gol di Liga Champions ini mulai mengukir rekor atau masuk ke dalam rekor pencetak gol termuda dalam ajang itu.

Jika ditelusuri, kira-kira siapa saja para pemain yang tercatat sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah Liga Champions?

5. Bojan Krkic (Barcelona)

Nama Bojan Krkic sempat mendunia di tahun 2000 an kala membela Barcelona. Ia bahkan mampu mencetak gol di ajang Liga Champions pada usia 17 tahun 217 hari.

Baca Juga: Perpanjang Kontrak di Barcelona, Ansu Fati: Saya Bahagia

Bahkan ia juga menjadi salah satu aktor keberhasilan Barcelona menjuarai Liga Champions pada musim 2008-2009. Sayangnya, setelah itu kariernya menurun drastis hingga kini tercatat bermain untuk Vissel Kobe di usia 31 tahun.

4. Cesc Fabregas (Arsenal)

Tak hanya Bojan Krkic, ada produk La Masia lainnya yang masuk rekor ini. Namun ia mencetak rekor tersebut bukan bersama Barcelona, melainkan Arsenal. Ia adalah Cesc Fabregas .

Fabregas mencetak gol pertamanya di Liga Champions pada tahun 2004. Saat itu usianya baru 17 tahun 213 hari kala membawa Arsenal mengalahkan Rosenborg dengan skor 5-1.

3. Mateo Kovacic (Dinamo Zagreb)

Mateo Kovacic bukanlah gelandang produktif di dunia sepak bola. Tapi ketenangannya dalam mencetak gol telah ia tunjukkan sedari muda.

Kovacic yang kini berseragam Chelsea, mencatatkan gol pertamanya di Liga Champions saat berusia 17 tahun 211 hari kala masih berseragam Dinamo Zagreb di mana saat itu timnya tumbang 1-7 dari Olympique Lyon pada musim 2011/12.

2. Peter Ofori-Quaye (Olympiakos Piraeus)

Untuk nama satu ini mungkin tak pernah terdengar gaungnya bagi pecinta sepak bola era sekarang. Namun di akhir 1990 an, namanya Peter Ofori-Quaye melejit karena ia berhasil mencetak gol di Liga Champions pada usia 17 tahun 190 hari.

Ofori-Quaye mencetak golnya tersebut saat debut untuk Olympiakos Piraeus saat melawan Rosenborg di Liga Champions 1997-1998.

1. Ansu Fati (Barcelona)

Untuk rekor pencetak gol termuda sepanjang sejarah Liga Champions saat ini dipegang oleh wonderkid Barcelona, Ansu Fati di usia 17 tahun 39 hari.

Ansu Fati mencetak gol tersebut pada Liga Champions 2019-2020. Tak tanggung-tanggung, gawang tim sekelas Inter Milan yang berhasil ia jebol sehingga menorehkan rekor di ajang ini

Kontributor: Zulfikar Pamungkas

Komentar