alexametrics

Meski Kalah, 3 Pemain Timnas Indonesia U-23 Ini Tampil Ciamik Lawan Australia

Rully Fauzi
Meski Kalah, 3 Pemain Timnas Indonesia U-23 Ini Tampil Ciamik Lawan Australia
Penyerang Timnas Indonesia U-23, Taufik Hidayat melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Australia dalam laga kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) malam WIB. [dok. PSSI]

Tiga pemain ini praktis jadi nyawa tim Garuda Muda.

Suara.com - Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Australia U-23 saat berjumpa pada leg pertama babak kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Bertanding di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) malam WIB, Timnas U-23 tumbang dengan skor 2-3 dari Australia.

Tiga gol tim muda The Socceroos --julukan Timnas Australia-- dicetak Marc Tokich pada menit ke-55, Patrick Wood (60'), dan Jacob Italiano (79'). 

Sementara itu, dua gol Garuda Muda --julukan Timnas Indonesia U-23-- dibukukan Witan Sulaeman (69') dan Taufik Hidayat (85').

Baca Juga: Link Live Streaming BRI Liga 1: Bhayangkara FC vs Borneo FC

Secara keseluruhan pertandingan, Australia memang lebih dominan ketimbang Timnas Indonesia U-23.

Dari segi penguasaan bola, tim asuhan pelatih Trevor Morgan itu unggul 72 persen berbanding 28 persen milik Indonesia besutan Shin Tae-yong. Bahkan, catatan tendangan ke gawang juga sangat kontras.

Australia sukses meregister delapan shot on target, sementara skuad Garuda Muda hanya bisa mencatatkan dua kali tembakan tepat sasaran, yang keduanya berbuah gol.

Terlepas dari kekalahan ini, beberapa penggawa Timnas Indonesia U-23 tetap menyuguhkan penampilan yang ciamik lawan Australia. Kontribusi mereka di atas lapangan patut mendapatkan kredit khusus.

Berikut tiga pemain Timnas Indonesia U-23 yang tampil impresif lawan Australia:

Baca Juga: Profil Ernando Ari Sutaryadi, Kiper Jagoan Timnas Indonesia U-23

1. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat menjadi salah satu pemain yang berhasil membayar tuntas kepercayaan yang diberikan oleh Shin Tae-yong pada laga melawan Australia U-23.

Meskipun baru bermain sebagai pemain pengganti pada menit ke-70, tetapi penyerang Persija Jakarta berusia 21 tahun itu sukses memberikan sejumlah kontribusi untuk Timnas Indonesia U-23.

Salah satunya tentu mencetak gol untuk memangkas ketertinggalan dari Australia ketika pertandingan memasuki menit ke-85.

Satu gol ini juga berarti penting karena skor akhir jadi 2-3. Sebab, selisih satu gol ini masih memberikan asa bagi skuad Garuda Muda untuk mengejarnya pada leg kedua.

2. Witan Sulaeman

Dibandingkan dengan pemain-pemain Timnas Indonesia U-23 lain yang tampil penuh pada laga ini, Witan Sulaeman bisa dibilang merupakan yang terbaik.

Selain tampil selama 2 x 45 menit, winger Lechia Gdansk itu juga memberi banyak kontribusi, utamanya di sektor lini serang.

Witan juga berhasil mencetak gol untuk memangkas ketertinggalan ketika Timnas  U-23 tertinggal 0-2 dari Australia. 

Kontribusi Witan tak hanya di wilayah penyerangan. Sebab ketika membantu pertahanan, Witan juga berhasil memberikan sejumlah bantuan untuk lini belakang Timnas U-23.

Tampil 90 menit, Witan melakukan tiga kali intersep dan juga mencatatkan tujuh tekel sukses.

3. Ernando Ari Sutaryadi

Meskipun kebobolan tiga gol pada pertandingan ini, tetapi penampilan Ernando Ari Sutaryadi di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-23 layak mendapatkan apresiasi.

Sebab, kiper Persebaya Surabaya yang baru berusia 19 tahun itu mampu menggagalkan sejumlah peluang emas yang didapat Australia.

Salah satu aksi impresif Ernando Ari ialah menggagalkan sepakan penalti pemain Timnas Australia U-23 pada awal-awal pertandingan. Selain itu, sang kiper juga membuat lima kali penyelamatan.

Andai penampilan Ernando tak impresif, bukan tidak mungkin gawang Timnas U-23 kebobolan lebih banyak.

[Muh Adif Setiawan / Rully Fauzi]

Komentar