alexametrics

Jurgen Klopp Latih Barcelona, Ini 5 Pelatih yang Bakal Dipertimbangkan Liverpool

Syaiful Rachman
Jurgen Klopp Latih Barcelona, Ini 5 Pelatih yang Bakal Dipertimbangkan Liverpool
Winger Liverpool, Mohamed Salah (kiri) dan pelatih Liverpool Jurgen Klopp. [PAUL ELLIS / POOL / AFP]

Barcelona saat ini tengah mencari pengganti Ronald Koeman.

Suara.com - Kontrak Jurgen Klopp di Liverpool akan berakhir pada Juni 2024. Kontrak tersebut memang masih tersisa beberapa tahun, akan tetapi tidak ada yang bisa menjamin jika pelatih asal Jerman itu bertahan di Anfield hingga batas akhir kontrak.

Pasalnya, Klopp diisukan akan melatih Barcelona. Barcelona sendiri baru saja memecat Ronald Koeman sebagai pelatih, Kamis (28/10/2021).

Jika betul Klopp akan angkat koper dari Liverpool, kira-kira siapa kandidat yang pas untuk mengisi posisinya di Anfield.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. [PAU BARRENA / AFP]
Ernesto Valverde. [PAU BARRENA / AFP]

Ernesto Valverde

Baca Juga: Hebat dan Dermawan, Pemain Liverpool Mohamed Salah Masuk dalam Kurikulum Sekolah di Mesir

Valverde memang sedang menganggur. Usai membawa Barcelona juara La Liga pada 2020 lalu, hingga kini ia belum mendapat tawaran melatih dari klub lain.

Beberapa klub yang pernah ditukangi Valverde rata-rata merengkuh gelar juara. Sebut saja Barcelona di La Liga, Athletic Bilbao di Piala Super Spanyol, dan membawa Olympiakos juara Liga Yunani.

Erik Ten Hag

Klopp dikenal sebagai pelatih yang gemar mengedepankan sepak bola menyerang. Bila mencari penggantinya, nama Erik Ten Hag mungkin layak dipertimbangkan.

Kemampuan Ten Hag dalam melatih bisa dilihat saat membawa Ajax Amsterdam gemilang di Liga Champions 2018/19. Ketika itu, dirinya sukses menembus babak semifinal sebelum akhirnya dikalahkan oleh Tottenham Hotspur.

Baca Juga: Legenda Peringatkan Liverpool Tak Usah Buru-buru Perpanjang Kontrak Salah

Ralf Rangnick

Jika Liverpool masih ingin mencari pelatih asal Jerman, Ralf Rangnick mungkin bisa menjadi pilihan. Untuk urusan pengalaman, sosok pelatih berusia 63 tahun itu tak perlu diragukan lagi.

Beberapa klub pernah ia tangani. Melatih sejak 1983, total Rangnick sudah membesut 13 tim dan salah satunya membawa RB Leipzig bersaing di papan atas Bundesliga.

Xabi Alonso

Xabi Alonso juga bisa menjadi kandidat. Alonso merupakan salah satu pilar Liverpool saat masih aktif sebagai pemain.

Bicara pengalaman, Alonso memang belum setenar pelatih-pelatih di atas. Hanya, saat membesut Real Sociedad B, dirinya sukses membawa tim tersebut mentas ke Divisi Segunda alias level kedua sepak bola Spanyol.

Alonso bahkan pernah menyatakan akan melatih Liverpool beberapa waktu lalu. Dia berkata, bahwa fan Liverpool masih memberi hormat padanya dan itu amat berarti baginya.

Pelatih Rangers, Steven Gerrard. [Ian MacNicol / POOL / AFP]
Pelatih Rangers, Steven Gerrard. [Ian MacNicol / POOL / AFP]

Steven Gerrard

Nama terakhir yang mungkin saja jadi kandidat pengganti Klopp adalah Gerrard, legenda hidup Liverpool.

Atribut Gerrard untuk melatih juga terbilang komplet. Satu, dia tahu seluk beluk Liverpool dan kedua, dirinya membawa Glasgow Rangers juara Liga Skotlandia 2020-2021, sekaligus menghentikan dominasi Glasgow Celtic yang berlangsung selama sembilan musim.

[Penulis: Kusuma Alan]

Komentar