alexametrics

Resmi! Manchester United Depak Ole Gunnar Solskjaer

Rully Fauzi
Resmi! Manchester United Depak Ole Gunnar Solskjaer
Mantan manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. [IAN KINGTON / AFP]

Kekalahan 1-4 di kandang Watford jadi laga pamungkas Solskjaer sebagai manajer Manchester United.

Suara.com - Manchester United akhirnya resmi mendepak sang manajer, Ole Gunnar Solskjaer dari posisinya. Manchester United sendiri tak frontal menyebut "memecat" Solskjaer, namun "kedua kubu berpisah secara baik-baik".

Kekalahan memalukan 1-4 di kandang Watford pada laga lanjutan Liga Inggris, Sabtu (20/11/2021) malam WIB membuat kesabaran manajemen Manchester United pada Solskjaer habis.

Kekalahan tersebut memang jadi kulminasi buruk performa Setan Merah sepanjang musim ini, meski skuad mereka sejatinya dihuni pemain-pemain top termasuk Cristiano Ronaldo.

"Manchester United mengumumkan Ole Gunnar Solskjaer sudah menninggalkan posisinya sebagai manajer," demikian pernyataan di laman resmi Setan Merah, Minggu (21/11/2021) petang WIB.

Baca Juga: MU Hancur Lebur Dibantai Watford, Ole Tetap Pede

Disebutkan pula dalam keterangan itu bahwa Solskjaer, yang juga merupakan legenda klub sebagai pemain, akan selalu mendapat respek di Manchester United.

Pihak klub menyebut keputusan ini "sulit dan dicapai dengan sangat menyesal".

"Walaupun beberapa pekan terakhir sudah sangat mengecewakan, hal itu tak bisa melunturkan semua hal yang sudah ia capai dalam tiga tahun terakhir sebagai pelatih untuk membangun ulang pondasi kesuksesan jangka panjang, dan tentunya sebagai pemain di Manchester United."

Solskjaer menjadi pelatih Manchester United sejak Desember 2018 lalu setelah Jose Mourinho dipecat. Awalnya ia mendapat peran caretaker alias pelatih interim sebelum dipermanenkan sebagai pelatih tetap pada 2019.

Pelatih 48 tahun asal Norwegia itu sejatinya baru mendapatkan perpanjangan kontrak tiga tahun pada musim panas 2021 lalu.

Baca Juga: Meriam London Mejan, Arsenal Dibantai Liverpool 4-0 Di Anfield

Akan tetapi, performa buruk Manchester United musim ini membuat waktunya sebagai juru taktik Setan Merah harus berakhir prematur.

Di bawah Solskjaer, Manchester United gagal meraih satupun gelar, dengan pencapaian terbaik sang pelatih hanyalah membawa Setan Merah finis kedua di Liga Inggris dan runner-up Liga Europa musim lalu.

Komentar