facebook

Wasit Liga 1 Merasa Terhina Karena Sosok Mr Y, Mata Najwa Bakal Disomasi

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Wasit Liga 1 Merasa Terhina Karena Sosok Mr Y, Mata Najwa Bakal Disomasi
Logo PSSI (Adie Prasetyo Nugraha/Suara.com).

PSSI punya bukti bahwa Mr Y sebagai orang suruhan Bambang Suryo

Suara.com - Wasit-wasit BRI Liga 1 dilaporkan bakal melakukan somasi terhadap Mata Najwa yang menghadirkan sosok Mr Y sebagai narasumber. Mr Y memberikan pernyataan dalam acara tersebut mengaku sebagai wasit di BRI Liga 1 dan telah mengatur jalannya beberapa pertandingan.

Akibat pernyataan tersebut, wasit-wasit Liga 1 merasa tercoreng oleh pengakuan Mr Y. Padahal, dari penelusuran tidak ada perangkat pertandingan di Liga 1 hadir atau dihubungi pihak Mata Najwa datang sebagai narasumber.

Apalagi, temuan terbaru PSSI menduga sosok Mr Y fiktif. Sebab, ada asisten wasit dari Liga 2 menceritakan kepada PSSI telah dihubungi Bambang Suryo untuk mengaku sebagai wasit di Liga 1 'bermain' di beberapa pertandingan dalam acara Mata Najwa.

Namun, asisten wasit Liga 2 itu menolak permintaan tersebut sehingga muncul dugaan Bambang Suryo mencari sosok lain untuk hadir di Mata Najwa.

Baca Juga: 5 Hits Bola: Sergio Ramos Masuk Skuat PSG untuk Hadapi Man City di Liga Champions

Belum lama ini, PSSI juga telah melakukan pertemuan dengan seluruh perangkat pertandingan BRI Liga 1. Kesempatan itu dimanfaatkan PSSI untuk mencari kebenaran sosok Mr Y.

Oleh karena itulah wasit-wasit ingin somasi Mata Najwa untuk mengungkap siapa sosok Mr Y. Sebab, di antara mereka semua tidak ada yang merasa dan mengaku hadir serta dihubungi sebagai narasumber.

"Wasit harus punya integritas dan kejujuran, kalau tidak saya pastikan kariernya akan mati. Di depan notaris dan di atas materai wasit akan melakukan somasi ke Mata Najwa karena tidak ada yang merasa dihubungi," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan pers, Selasa (23/11/2021).

"Siapa itu Mr Y? Serahkan saja. Bisa diarahkan langsung ke kepolisian. Bantu dong, jangan diumpetin. Katanya nggak percaya karena takut hilang, serahkan ke polisi saja. Wasit Liga 1 sakit lah hatinya, makanya kami kumpul dan menuntut mereka."

"Tidak pernah dari 84 ini (jumlah wasit dan asisten wasit) ke sana (Mata Najwa) atau dihubungi. Mereka terhina loh, tertuduh karena ini," katanya lagi.

Baca Juga: Piala AFF 2020: PSSI Pastikan Timnas Indonesia Berkekuatan 30 Pemain

Lebih lanjut, PSSI punya bukti bahwa Mr Y sebagai orang suruhan Bambang Suryo. PSSI juga heran mengapa Mata Najwa memakai Bambang Suryo sebagai narasumber, padahal bermasalah.

Komentar