alexametrics

Tatap Desember yang Padat, Guardiola: Manchester City dalam Kondisi Darurat Cedera

Rully Fauzi
Tatap Desember yang Padat, Guardiola: Manchester City dalam Kondisi Darurat Cedera
Manajer Manchester City, Pep Guardiola. [OLI SCARFF / AFP]

Ketangguhan serta kedalaman skuad The Citizens akan diuji di bulan Desember ini.

Suara.com - Manajer Manchester City, Pep Guardiola menyatakan timnya sedang dalam kondisi "darurat cedera", ketika juara bertahan Liga Inggris itu harus menghadapi jadwal Desember yang padat, sementara sejumlah pemainnya masih dalam tahap pemulihan.

Kevin De Bruyne belum kembali berlatih. Bintang lapangan tengah City itu baru pulih dari COVID-19, sementara penyerang serbabisa Ferran Torres absen jangka panjang karena cedera kaki.

Duo gelandang serang, Phil Foden dan Jack Grealish juga berjuang untuk pemulihan cedera, meskipun keduanya bisa memainkan beberapa bagian dalam lawatan City ke markas Aston Villa.

City akan bertanding di Villa Park pada Kamis (2/11/2021) dini hari WIB untuk laga pekan ke-14 Liga Inggris 2021/2022.

Baca Juga: Ralf Rangnick Datang, Legiun Jerman Buat Liga Inggris Kian Menarik

Untuk laga ini, Guardiola juga tidak akan diperkuat bek Aymeric Laporte karena skorsing. Sang pelatih pun yakin City menghadapi masa sulit menjelang Natal 2021.

"Kami mengalami keadaan darurat dalam tim, bisa juga Anda bilang darurat cedera. Kami memiliki sedikit, sedikit pemain. Kami cuma punya beberapa orang," keluh Guardiola seperti dilansir AFP.

"Tapi, kami selalu bisa menyesuaikan diri dengan kondisi ini. Saya sangat percaya pada tim dan pemain lain yang masuk, tetapi kami benar-benar berada dalam masalah untuk Desember, bulan terberat tahun ini," celoteh pelatih plontos berpaspor Spanyol itu.

Guardiola sendiri Grealish bisa tampil ketika menghadapi mantan klubnya, Aston Villa.

Grealish, yang bergabung dengan City pada musim panas kemarin setelah pindah dari Villa, telah melewatkan tiga pertandingan terakhir The Citizens karena cedera yang dideritanya saat tugas internasional bersama Timnas Inggris.

Baca Juga: Pertama Kali Sejak 2010, Cristiano Ronaldo Terlempar dari 3 Besar Ballon d'Or

Foden juga berharap membuktikan kebugarannya setelah absen saat kemenangan melawan Paris Saint-Germain dan West Ham dalam seminggu terakhir.

"Dalam sesi latihan, untuk Jack kemarin adalah menit pertamanya bersama tim (setelah cedera. Untuk Phil juga," ungkap Guardiola.

"Kevin masih belum berlatih. Dia negatif dari tes terakhir, tetapi dia tidak bisa berlatih," imbuh eks arsitek Barcelona dan Bayern Munich itu.

Terlepas dari masalah kebugaran mereka, City hanya satu poin di belakang pemimpin klasemen sementara Liga Inggris, Chelsea dan telah memenangkan lima pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Tidak puas dengan laju itu, Guardiola mendesak timnya untuk lebih 'kejam' lagi.

"Cara yang kami lakukan sejauh ini luar biasa, tapi tentu masih ada ruang untuk lebih baik lagi. Selalu begitu. Kami memiliki bulan terberat di depan, jadi kami harus melanjutkannya,” tukas Pep Guardiola.

Komentar