alexametrics

Christian Eriksen Akhirnya Latihan Lagi Pasca Serangan Jantung, Bukan Bareng Inter

Rully Fauzi
Christian Eriksen Akhirnya Latihan Lagi Pasca Serangan Jantung, Bukan Bareng Inter
Gelandang Inter Milan dan Timnas Denmark, Christian Eriksen. [JACK GUEZ / AFP]

Playmaker Inter Milan, Christian Eriksen mengalami serangan jantung saat membela Timnas Denmark di Euro 2020 lalu.

Suara.com - Playmaker Inter Milan asal Denmark, Christian Eriksen telah mulai kembali berlatih, tetapi dia melakukannya di klub masa kecilnya di Denmark setelah mengalami serangan jantung di Euro 2020 lalu.

Gelandang berusia 29 tahun tersebut sudah tidak merumput sejak mengalami serangan jantung ketika bermain dalam pertandingan pembukaan Timnas Denmark di Euro melawan Finlandia, Juni 2021 lalu.

"Eriksen menghubungi kami dan dia sekarang berlatih sendiri," kata juru bicara klub Denmark, Odense Boldklub (OB) kepada Reuters.

"Itu wajar baginya karena dia bermain di sini di masa mudanya dan rumahnya dekat. Kami sangat senang bisa memberikan fasilitas pelatihan untuknya,"

Baca Juga: Masih Terus Moncer di Usia 40, Ibrahimovic: Saya Tunggu Kontrak Baru dari AC Milan

Eriksen muda memang bermain untuk OB sebelum bergabung dengan Ajax pada 2008, di mana dia mulai dipanggil Timnas Denmark.

Dia kemudian pindah ke Tottenham Hotspur pada 2013, bermain di final Liga Champions 2019, dan bergabung dengan Inter Milan tahun lalu.

Otoritas medis Italia sendiri telah menangguhkan Eriksen untuk bermain di Liga Italia, karena aturan yang melarang pesepakbola dengan implan cardioverter defibrillator untuk merumput.

Dikutip dari Sportbible, Kepala Komite Keilmuan FIGC (Asosiasi Sepakbola Italia), Franco Braconaro menyebutkan syarat yang membuat Eriksen bisa tetap bermain di Inter.

Menurut Braconaro, sang playmaker bisa melanjutkan karier di Serie A asalkan dinyatakan sehat tanpa ketergantungan dengan alat bantu jantung.

Baca Juga: Napoli Mulai Kepayahan, Spalletti: Sejak Awal memang Scudetto Bukan Target Kami

"Christian Eriksen tidak bisa diberikan izin bermain di Italia (kalau pakai ICD)," kata Braconaro.

"Bila defibrillator pemain dilepas, itu berarti masalah soal penyakit (tersebut) bisa diselesaikan. maka dia dapat kembali bermain untuk Inter," sambungnya.

Kubu Inter sendiri telah menyatakan mereka terbuka untuk melepaskan Eriksen, agar sang gelandang bisa melajutkan kariernya jika ia memang telah sehat kembali.

Eriksen sendiri masih terikat kontrak cukup panjang bersama Inter, yakni sampai 2024 mendatang.

Komentar