alexametrics

Tandang ke Markas Dortmund, Bayern Munich Tanpa Joshua Kimmich dan Leon Goretzka

Syaiful Rachman
Tandang ke Markas Dortmund, Bayern Munich Tanpa Joshua Kimmich dan Leon Goretzka
Gelandang Bayern Munich Joshua Kimmich (kiri) merayakan golnya ke gawang Borussia Dortmund bersama kiper Manuel Neuer dalam lanjutan Liga Jerman. Federico GAMBARINI / POOL / AFP

Bayern Munich dan Borussia Dortmund hanya selisih satu poin di papan atas klasemen Bundesliga.

Suara.com - Bayern Munich tidak akan diperkuat gelandang Joshua Kimmich dan Leon Goretzka saat bertandang ke markas Borussia Dortmund, Sabtu (4/12/2021). Hal itu dipastikan pelatih Bayern Munich Julian Nagelsmann seperti, Jumat (3/12/2021).

Joshua Kimmich belum akan merumput sebelum pekan karena masih dikarantina setelah terinfeksi COVID-19, kata Nagelsmann.

Partisipasi Goretzka menjadi semakin penting karena karena Bayern kehilangan Kimmich di lini tengah. Namun karena kondisi Goretzka yang belum fit, Nagelsmann masih melakukan pemantauan sebelum mengambil keputusan.

Gelandang sentral Bayern Munich, Leon Goretzka. [Tobias SCHWARZ / AFP / POOL]
Gelandang sentral Bayern Munich, Leon Goretzka. [Tobias SCHWARZ / AFP / POOL]

"Leon Goretzka masih diragukan. Kami akan memutuskannya hari ini atau bahkan esok. Dia sudah mengurangi sesi latihan dan masih menghadapi masalah pada lututnya. Ini masalah," kata Nagelsmann.

Baca Juga: Liga Champions: Laga Hidup Mati Barcelona di Markas Bayern Munich Digelar Tanpa Penonton

"Saya akan berbicara dengan dia dan kemudian kami akan memutuskan apakah dia bisa bermain dan apakah dia 100 persen bugar. Kami hanya bisa menurunkan pemain yang 100 persen bugar."

Bayern Munich saat ini menempati puncak klasemen sementara Bundesliga dengan 31 poin atau unggul satu poin dari Dortmund yang terus membayangi.

"Semua orang tahu pentingnya pertandingan ini. Untuk liga itu sendiri, ini situasi hebat dengan 31 poin dan 30 poin. Ini pertandingan bergengsi dan motivasinya akan sangat tinggi," kata Nagelsmann dikutip Antara dari Reuters.

Namun demikian Nagelsmann masih memiliki striker terbaik Bundesliga, Robert Lewandowski, yang tampil menawan sejauh ini dengan 14 gol. Kalah dalam perebutan Ballon d'Or akan semakin memotivasi Lewandowski untuk tampil lebih tajam lagi.

Skuad Bayern Muenchen merayakan gol Robert Lewandowski (kiri) dalam pertandingan Grup E Liga Champions lawan Dynamo Kiev pada 24 November 2021. [AFP]
Skuad Bayern Muenchen merayakan gol Robert Lewandowski (kiri) dalam pertandingan Grup E Liga Champions lawan Dynamo Kiev pada 24 November 2021. [AFP]

Lewandowski menempati urutan kedua di bawah pemain Argentina Lionel Messi dalam perebutan Ballon d'Or 2021 pada 29 November kemarin. Hasil ini mengejutkan banyak penggemar sepak bola.

Baca Juga: Kesal Lewandowski Gagal Raih Ballon d'Or, Alphonso Davies: Tak Masuk Akal

"Robert tidak terlihat kecewa. Tapi normal jika Anda mimpi memenangkan Ballon d'Or suatu hari nanti. Bahkan lebih menyakitkan ketika Anda nyaris mendapatkannya dengan menempati urutan kedua," kata Nagelsmann.

"Tapi dia profesional yang luar biasa."

Komentar