alexametrics

10 Fakta Menarik Jelang Duel West Ham vs Chelsea di Liga Inggris

Reky Kalumata
10 Fakta Menarik Jelang Duel West Ham vs Chelsea di Liga Inggris
Gelandang Chelsea asal Jerman, Kai Havertz (kedua dari kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol ketiga timnya dalam matchday ketiga Grup H Liga Champions 2021/2022 antara Chelsea vs Malmo di Stamford Bridge, London, Kamis (21/10/2021) dini hari WIB. Adrian DENNIS / AFP.

Chelsea akan bertandang ke Stadion London

Suara.com - Chelsea akan bertandang ke markas peringkat keempat West Ham United dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris, Sabtu (4/12/2021) malam. Berikut fakta - fakta menarik jelang duel West Ham vs Chelsea.

Pertarungan sesama tim ibu kota Inggris itu akan bergulir di Stadion London. Chelsea dan West Ham menatap pertandingan ini dengan modal berbeda.

Chelsea meraih kemenangan 2-1 atas Watford pada laga Rabu (1/12/2021), sementara West Ham ditahan imbang oleh Brighton 1-1 di malam yang sama.

Kini Chelsea mencoba membawa pulang tiga poin guna mengamankan posisinya di puncak klasemen, dimana hanya terpaut satu poin dari Manchester City.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Sepakbola TV Malam Ini: Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol

Berikut fakta - fakta menarik jelang duel West Ham vs Chelsea seperti yang dihimpun Opta:

  1. West Ham telah memenangkan tiga dari enam pertandingan kandang terakhir mereka di Liga Premier melawan Chelsea (Seri 1, kalah 2), sebanyak yang mereka menangkan dalam 14 pertandingan sebelumnya melawan Chelsea di kompetisi (Seri 3, kalah 8).
  2. Chelsea meraih kemenangan ganda atas West Ham di liga musim lalu. Mereka terakhir menang tiga kali berturut-turut melawan mereka di Liga Premier antara Maret 2010 dan April 2011.
  3. West Ham kalah dua kali dari empat derby London terakhir di Liga Inggris (Menang 1, Seri 1), sebanyak yang mereka alami dalam 10 pertandingan sebelumnya (Menang 4, Seri 4). Namun, mereka memenangkan pertandingan derby terakhir mereka dalam kompetisi melawan Spurs, terakhir memenangkan pertemuan berturut-turut dengan klub London pada Januari 2019 (tiga kali berturut-turut).
  4. Chelsea telah memenangkan tujuh derby London tandang terakhir mereka di liga, rekor sepanjang masa di empat tingkat teratas sepak bola Inggris. The Blues telah menjaga enam clean sheet dalam periode ini, dengan satu-satunya gol mereka kebobolan datang melalui Christian Benteke pada bulan April.
  5. West Ham tidak pernah menang dalam tiga pertandingan Premier League (Seri 1, kalah 2), yang terakhir mencatat rekor tanpa kemenangan dalam empat pertandingan terakhir mereka di tahun 2020 (Seri 3, Kalah 1).
  6. Chelsea telah membuat 50 perubahan pada starting XI mereka di Liga Premier musim ini, yang paling banyak dilakukan oleh tim setelah 14 pertandingan dalam satu musim sejak Man Utd pada 2009-10 (juga 14 pertandingan); satu-satunya tim yang membuat 50 lebih awal menjadi satu musim adalah Man Utd lagi, pada 2001-02 (pertandingan ke-12).
  7. Dengan lima gol dan lima assist, Michail Antonio telah terlibat langsung dalam 10 gol dalam 10 penampilan terakhirnya di derby London di Liga Inggris. Antonio adalah satu-satunya pemain West Ham dalam sejarah Liga Premier yang mencatatkan angka ganda untuk kedua gol (11) dan assist (10) dalam pertandingan derby London.
  8. Manajer Chelsea Thomas Tuchel telah memenangkan delapan dari sembilan pertandingan derby London di Liga Inggris (kalah 1), dengan The Blues mencetak 17 dan hanya kebobolan dua kali dalam pertandingan ini. Dalam sejarah papan atas Inggris, pelatih asal Jerman itu memiliki tingkat kemenangan terbaik dalam pertandingan semacam itu di antara para manajer untuk memimpin lebih dari satu (89%).
  9. Striker Chelsea Romelu Lukaku mencetak lebih banyak gol di Premier League saat melawan West Ham (9) daripada menghadapi tim lainnya. Dia bisa menjadi pemain ketujuh yang mencetak angka ganda melawan The Hammers di Liga Premier, yang akan menjadi pemain lawan paling banyak yang mencetak 10+ melawan satu tim dalam kompetisi.
  10. Gelandang West Ham Tomas Soucek mencetak golnya yang ke-15 di Premier League terakhir kali melawan Brighton and Hove Albion, hanya Michail Antonio yang mencetak lebih banyak untuk The Hammers (25) sejak debut Soucek pada Februari 2020. Hanya tiga pemain Ceko yang pernah mencetak lebih banyak gol di Premier League. Sejarah Liga: Patrik Berger (38), Milan Baros (28) dan Tomas Rosicky (19).

Komentar