Sejarah Indonesia vs Thailand di Piala AFF, Timnas Garuda Pernah Menang Berapa Kali?

Rifan Aditya
Sejarah Indonesia vs Thailand di Piala AFF, Timnas Garuda Pernah Menang Berapa Kali?
Sejarah Indonesia vs Thailand di Piala AFF, Timnas Garuda Pernah Menang Berapa Kali? - Pemain Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) berebut bola dengan pemain Thailand Bordin Phala pada pertandingan leg pertama final sepak bola Piala AFF Suzuki 2020 antara Indonesia dan Thailand di Stadion Nasional Singapura, Rabu (29/12/2021). [ROSLAN RAHMAN / AFP]

Berapa kali timnas merah putih menang atas Thailand? Berikut kronik sejarah Indonesia vs Thailand di Piala AFF.

Suara.com - Big match Indonesia vs Thailand di Piala AFF kembali  tersaji tahun ini. Sebenarnya, sejarah Indonesia vs Thailand di Piala AFF telah berlangsung cukup lama. Namun apakah timnas Garuda pernah menang?

Kini, di Piala AFF 2020, Indonesia berlaga di final dan bertemu timnas Thailand. Bersama pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong timnas Indonesia memasang target besar. Seperti apa sejarah Indonesia vs Thailand di Piala AFF?

Berapa kali timnas merah putih menang atas Thailand? Berikut kronik sejarah Indonesia vs Thailand di Piala AFF.

Timnas Indonesia dan Thailand bertemu sebanyak 12 kali dalam Piala AFF, namun catatan sejarah Indonesia vs Thailand di Piala AFF justru membuat penggemar sepakbola dan pendukung Timnas gemas.

Baca Juga: 3 Dampak Negatif bagi Marselino Ferdinan jika Nekat Ikut TC Timnas Indonesia U-20

Bagaimana tidak, dalam 12 kali pertemuan di Piala AFF, Indonesia meraih kemenangan hanya dua kali sementara Thailand meraih kemenangan sebanyak 9 kali termasuk leg pertama final Piala AFF 2020 kemarin (29/12/2021).

Sejarah Indonesia vs Thailand di Piala AFF

1. Pertemuan pertama Indonesia dan Thailand terjadi tahun 1998. 

Kedua tim sama-sama tergabung di Grup A, Thailand dan Indonesia bertemu pada putaran akhir babak penyisihan. Pada waktu itu Thailand vs Indonesia berebut posisi di puncak klasemen. Indonesia tidak mencapai puncak klasemen karena terjadi gol bunuh diri dari Bek Mursyid Effendi. Indonesia kalah 2-3. 

2. Pertemuan kedua tim, terjadi pada tahun 2000.

Baca Juga: Dua Calon Timnas Indonesia FIFA Matchday Maret 2023, Ini Penilaian Netizen

Thailand dan Indonesia sama-sama tergabung dalam grup A. Kedua tim berlaga di babak penyisihan grup. Indonesia kalah dari Thailand dengan skor 4-1 tapi menang dari Myanmar dengan skor 5-0.