facebook

Sengit di Gianyar, Persebaya Tundukkan Persikabo 3-2 Berkat Trigol Samsul Arif

Rully Fauzi
Sengit di Gianyar, Persebaya Tundukkan Persikabo 3-2 Berkat Trigol Samsul Arif
Penyerang Persebaya Surabaya, Samsul Arif melakukan selebrasi usai menjebol gawang Tira Persikabo dalam laga BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (10/1/2022) petang WIB. [dok. PT Liga Indonesia Baru]

Bomber veteran itu membuktikan dirinya belum habis, dengan ia jadi pahlawan kemenangan Persebaya di laga pekan ke-18 BRI Liga 1.

Suara.com - Laga pamungkas pekan ke-18 BRI Liga 1 antara Tira Persikabo kontra Persebaya Surabaya berlangsung sengit di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (10/1/2022). Persebaya menang tipis 3-2 berkat trigol yang dibuat bomber veteran Samsul Arif.

Ya, Samsul yang telah berusia 36 tahun membuktikan dirinya belum habis, dengan ia jadi pahlawan kemenangan Persebaya di laga perdana mereka di putaran keempat alias seri kedua kompetisi Liga 1 2021/2022 ini.

Samsul mencetak hat-trick, masing-masing pada menit ke-19, 37' dan 46'. Persikabo sendiri di sisi lain bukannya tanpa perlawanan hari ini. Persikabo mampu mencetak gol lewat Ciro Alves (45') dan Aleksandar Rakic (53').

Dengan kemenangan tipis ini, Persebaya tetap menjaga kans mereka jadi juara BRI Liga 1 musim ini. Tim asuhan Aji Santoso itu memang masih berada di posisi keempat klasemen sementara dengan raihan 36 poin dari 18 pertandingan.

Baca Juga: Angle Alfredo Vera Yakin Ramiro Fergonzi Pemain Tepat untuk Persipura

Akan tetapi, mereka kini hanya berjarak satu poin saja dari tiga tim di atasnya; Persib Bandung, Arema FC dan Bhayangkara FC.

Sementara itu dengan kekalahan ini, Persikabo tertahan di urutan ke-13 tabel klasemen dengan koleksi 19 poin dari 18 laga.

Di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Persebaya justru berhasil mendapatkan gol pertama meski sempat ditekan Persikabo di awal laga.

Berawal dari skema serangan balik, Marselino Ferdinan mengirim umpan cut-back ke kotak penalti. Samsul Arif yang berdiri bebas berhasil menjebol gawang Persikabo yang dijaga Diky Indrayana. 1-0 Persebaya unggul di menit ke-19.

Samsul Arif lantas mencetak brace pada menit ke-37.

Baca Juga: Angel Alfredo Vera: Persija Tim Tangguh, Tapi Persipura Juga Kuat!

Dimulai dari pergerakan Bruno Moreira yang melakukan solo-run dan berhasil melepaskan tendangan keras ke arah gawang, bola muntah hasil tepisan mampu diselesaikan oleh Samsul yang kembali berdiri bebas tanpa pengawalan.

Keunggulan Persebaya sendiri ternoda dengan gol di penghujung babak pertama. Aksi individu Ciro Alves di menit ke-45 berhasil mengelabui pertahanan Persebaya. Skor 2-1 menutup pertandingan babak pertama.

Persebaya lantas bikin gol cepat selepas restart. Baru semenit babak kedua berjalan, awalnya bek Persikabo, Veniamin Shumeyko melakukan backpass kepada kiper Diky.

Akan tetapi, Samsul sukses mencuri bola dan melepas tembakan ke arah gawang Persikabo yang sudah kosong. 3-1 Persebaya unggul.

Persikabo sendiri langsung merespons pada menit ke-53. Kali ini giliran Aleksandar Rakic yang mencatatkan namanya di papan skor.

Usai menerima umpan dari Sergey Pushnyakov di dalam kotak penalti, lewat sepakan mendatar Rakic menaklukkan kiper Andhika Ramadhani.

Skor 3-2 untuk keunggulan Persebaya bertahan sampai laga tuntas.

Susunan Pemain

Tira Persikabo XI (4-4-2): Diky Indrayana (kiper); Gilang Ginarsa, Andy Setyo, Veniamin Shumeyko, Firza Andika (belakang); Ciro Alves, Didik Wahyu, Manahati Lestusen, Sergey Pushnyakov (tengah); Aleksandar Rakic, Dimas Drajad (depan)

Pelatih: Liestiadi (Indonesia)

Persebaya Surabaya XI (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Arif Satria, Rizky Ridho, Franc Rikhart Sokoy (belakang); Muhammad Hidayat, Alwi Slamat, Marselino Ferdinan (tengah); Taisei Marukawa, Samsul Arif, Bruno Moreira (depan)

Pelatih: Aji Santoso (Indonesia)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar