facebook

Eks Barcelona Sebut Sergio Busquets Hambat Progres Frenkie de Jong di Camp Nou

Rully Fauzi
Eks Barcelona Sebut Sergio Busquets Hambat Progres Frenkie de Jong di Camp Nou
Gelandang sentral Barcelona, Frenkie de Jong. [PAU BARRENA / AFP]

Ronald de Boer mengakui Frenkie de Jong gelandang yang bagus, tapi...

Suara.com - Mantan pemain Barcelona dan Timnas Belanda, Ronald de Boer menilai kompatriotnya, Frenkie de Jong masih belum tampil dalam puncak performanya bersama Barca semenjak gabung dari Ajax pada 2019 lalu.

De Jong masih sering inkonsisten, dan menurut De Boer ini karena kehadiran gelandang veteran Sergio Busquets di lini tengah Barcelona.

Dibeli dengan harga cukup mahal, sejauh ini De Jong sudah tampil reguler di lini tengah Barcelona. Akan tetapi, gelandang sentral berusia 24 tahun tersebut dinilai belum berkontribusi cukup besar bagi Blaugrana.

Sebelum menjadi pahlawan kemenangan 1-0 Barcelona atas tuan rumah Alaves di laga Liga Spanyol akhir pekan kemarin berkat gol telatnya, De Jong sendiri belakangan mendapat kritikan karena performa inkonsistennya, terlebih di musim 2021/2022 ini.

Baca Juga: Demi Berseragam Sevilla, Anthony Martial Tolak Mentah-mentah Pinangan Tottenham dan Newcastle

De Boer meyakini performa dan progres De Jong masih terhambat karena posisi alaminya saat ini masih diisi oleh Sergio Busquets.

"Frenkie adalah gelandang hebat, saya tak meragukan itu. Passing-nya, visi bermainnya," kata De Boer seperti dikutip dari football-espana, Selasa (25/1/2022).

"Tapi sekarang, ketika saya melihatnya bergerak di lapangan, dia memberi saya kesan bahwa dia melakukannya dengan sangat malu-malu. Dia tidak menunjukkan energi yang biasanya dia miliki. Dia tampak sedikit hilang. Dia tidak terlihat bahagia," sambung pria 51 tahun yang kini jadi pelatih di akademi Ajax itu.

"Sementara itu, Busquets adalah pemain yang juga sangat luar biasa. Akan tetapi dia membutuhkan terlalu banyak proteksi, terlebih di usianya sekarang ini," tutur De Boer.

Gelandang jangkar Timnas Spanyol, Sergio Busquets. [Sergei SUPINSKY / AFP]
Sergio Busquets. [Sergei SUPINSKY / AFP]

"Jika dia harus menjaga banyak area maka dia dalam masalah. Hal ini akan mempengaruhi seluruh pemain, terlebih Frenkie. Saya yakin Frenkie akan sangat efektif bermain sebagai deep-lying playmaker, alih-alih sebagai gelandang sentral. Namun, posisi itu saat ini masih jadi milik Busquets."

Baca Juga: Menang 1-0, Barcelona Susah Payah Kalahkan Tim Papan Bawah Alaves

Busquets saat ini sudah berusia 33 tahun. De Boer merasa sudah saatnya Barcelona mengandalkan pemain yang lebih muda untuk menjadi tulang punggung klub.

"Frenkie adalah masa depan Barca, karier Busquets sudah akan berakhir. Saya menyukai Busquets, tapi dia sudah berumur, dan terkadang klub serta pelatih terlalu mempertahankan pemain yang seharusnya sudah menepi."

"Masa depan di Barcelona adalah Gavi, Pedri, Frenkie dan Nico Gonzalez. Dengan beberapa pemain tersebut Barcelona akan memiliki lini tengah yang menakjubkan," tukasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar