facebook

Agenda Shin Tae-yong Padat, PSSI Pikir-pikir Ikut Turnamen Bergengsi di Prancis

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Agenda Shin Tae-yong Padat, PSSI Pikir-pikir Ikut Turnamen Bergengsi di Prancis
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri saat memberikan keterangan kepada awak media di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (20/8/2020). [Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha]

Kejuaraan yang kini bernama Tournoi Maurice Revello itu rencananya bergulir pertengahan 2022.

Suara.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri buka suara terkait kabar yang menyebut tidak ada respons soal undangan mengikuti Toulon Turnamen 2022 di Prancis. Menurutnya, PSSI masih pikir-pikir karena padatnya agenda Pelatih Shin Tae-yong (STY) tahun ini bersama Timnas Indonesia.

Kejuaraan yang kini bernama Tournoi Maurice Revello rencana bergulir pertengahan 2022. Turnamen yang dikhususkan untuk pemain-pemain muda itu memang biasanya rutin digelar setiap tahun.

Namun, dua edisi sebelumnya turnamen itu tidak digelar karena pandemi Covid-19. Timnas Indonesia pernah ambil bagian pada edisi 2017 di mana saat itu pemain-pemain seperti Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman turun bertanding.

Meski gagal menyumbang prestasi, penampilan Timnas Indonesia U-19 yang saat itu dipegang Indra Sjafri tuai sorotan. Ketika itu Garuda Nusantara mampu merepotkan Brasil, Republik Ceko, dan Skotlandia.

Baca Juga: Jawaban Akun Ketum PSSI soal Undangan Turnamen Toulon kok Sama dengan Isi Wikipedia?

Bahkan, Egy Maulana Vikri meraih penghargaan individu prestisius Jouer Revelation (Breakthrough Player) dalam kejuaraan tersebut.

"Ya mereka baru mencari dan menanyakan keikutsertaan. Lagi kita cocokan dengan jadwal timnas yang lain," kata Indra Sjafri saat dihubungi awak media, Selasa (25/1/2022).

"Tahun ini coach STY punya agenda padat sekali. Dari senior, AFF U-23, AFF U-19, SEA Games, Asian Games, dan AFF Senior lagi. Nanti kita akan didiskusikan lebih lanjut," terangnya.

Sementara itu, turnamen Toulon merupakan salah satu kejuaraan kelompok umur yang bergengsi. Dari turnamen tersebut banyak nama-nama pesepakbola besar yang lahir.

Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo yang membela timnas Portugal. Di masa muda, ia bermain di turnamen Toulon pada 2003.

Baca Juga: 3 Alasan Choi In-cheol Layak Jadi Pelatih Timnas Putri Indonesia

Nama-nama hebat lain yang pernah terjun di kejuaraan itu diantaranya Alan Shearer, Rui Costa, Thierry Henry, Juan Riquelme, Zinedine Zidane, Javier Mascherano, dan masih banyak lainnya.

Komentar