facebook

Pesta Gol di Markas Sassuolo, AC Milan Juara Liga Italia 2021/2022

Rully Fauzi
Pesta Gol di Markas Sassuolo, AC Milan Juara Liga Italia 2021/2022
Para pemain AC Milan merayakan kemenangan atas tuan rumah Sassuolo di laga pekan terakhir Liga Italia 2021/2022, Senin (23/5/2022) dini hari WIB. [Filippo MONTEFORTE / AFP]

AC Milan mengakhiri puasa gelar Serie A yang sudah berlangsung 12 tahun.

Suara.com - AC Milan akhirnya mengamankan gelar juara Liga Italia Serie A 2021/2022 setelah menang telak 3-0 di markas Sassuolo pada laga pekan terakhir, Senin (23/5/2022) dini hari WIB. Ini merupakan gelar Scudetto pertama AC Milan dalam 12 tahun terakhir!

Olivier Giroud mencetak brace alias dua gol untuk AC Milan pada menit ke-17 dan 32', sementara gol ketiga ke gawang Sassuolo dicetak Franck Kessie pada menit ke-36.

Kemenangan ini membuat AC Milan memuncaki klasemen akhir Liga Italia 2021/2022 dengan raihan 86 poin dari total 38 pertandingan, unggul dua poin atas sang rival sekota, Inter Milan yang finis sebagai runner-up.

Inter sendiri di saat bersamaan juga menang dengan skor identik 3-0 di kandang atas Sampdoria. Namun kemenangan ini jadi sia-sia, sebagaimana mereka gagal mempertahankan gelar Scudetto dan harus merelakan trofi melayang ke tangan sang tetangga.

Baca Juga: Gilas Wolves 3-1, Liverpool Harus Puas Cuma Jadi Runner-up Liga Inggris

Di Mapei Stadium markas Sassuolo, AC Milan langsung tampil menyerang meski sebetulnya cuma butuh satu poin untuk mengunci gelar juara. Olivier Giroud memberikan ancaman ke gawang Sassuolo, tetapi masih bisa digagalkan kiper Andrea Consigli.

Rafael Leao nyaris membobol gawang Sasuolo pada menit ke-7. Dalam posisi bebas, bola tembakannya dengan cepat diblok lawan.

Milan kembali punya peluang emas beberapa menit kemudian lewat skema sepak pojok. Bola sundulan Fikayo Tomori mampu diblok lawan yang berdiri tepat di garis gawang.

Alexis Saelemaekers juga membuang peluang untuk Milan pada menit ke-10. Bola tembakannya dari jarak dekat masih bisa dibendung kiper Consigli.

Milan berhasil memecah kebuntuan tujuh menit berselang. Sebuah umpan silang Leao sukses disambar Giroud, yang membuat bola meluncur melewat bek lawan dan sela-sela kaki kiper. Tim tamu memimpin 1-0.

Baca Juga: Menang Setelah Tertinggal Dua Gol Lawan Aston Villa, Manchester City Juara Liga Inggris 2021/2022

Pada menit ke-23, kemelut terjadi di mulut gawang Sassuolo setelah bola tembakan Saelemaekers ditepis kiper. Bola liar kemudian disambar pemain Milan, tetapi Consigli masih bisa menghalaunya.

Milan memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-32. Lewat tendangan Giroud setelah Leao merebut bola dari kaki bek lawan di kotak penalti dan melepaskan umpan ke penyerang Prancis itu.

Rafael Leao kembali menciptakan assist untuk gol ketiga Milan yang dicetak pada menit ke-36 melalui sepakan Kessie. Gol tersebut sekaligus mengantarkan AC Milan unggul 3-0 atas Sassuolo pada babak pertama.

Selepas jeda istirahat, Milan bermain lebih rileks. Sementara itu, Sassuolo yang tampil lebih agresif dengan menciptakan dua peluang di 10 menit pertama babak kedua.

Rossoneri sempat menambah gol keempat pada menit ke-78 lewat sundulan Zlatan Ibrahimovic. Namun, gol itu dianulir oleh VAR karena berbau offside.

Tidak ada gol tambahan sampai wasit menyudahi pertandingan. Milan sukses menutupnya dengan kemenangan 3-0 dan mengakhiri musim sebagai juara.

Komentar