facebook

5 Penjaga Gawang Jepang yang Pernah Berkarier di Eropa

Arief Apriadi
5 Penjaga Gawang Jepang yang Pernah Berkarier di Eropa
Penjaga gawang Jepang Kosuke Nakamura menghadiri sesi latihan di Rostov-on-Don pada 1 Juli 2018, menjelang pertandingan sepak bola putaran 16 besar Piala Dunia 2018 Rusia melawan Belgia. Jack GUEZ / AFP.

Berikut penjaga gawang Jepang yang berkarier di Eropa.

Suara.com - Eksistensi pemain Jepang di kompetisi Eropa sudah ada sejak bertahun-tahun lalu yang membuktikan bahwa kualitas sepak bola mereka berkembang sangat pesat.

Hal ini bisa dilihat dari sepak terjang tim nasional sepak bola Jepang yang selalu menjadi langganan ikut Piala Dunia dan jadi kekuatan besar di Asia.

Tentu hal ini tidak bisa terjadi tanpa andil pemain-pemain Jepang yang punya kualitas dan pengalaman bermain di kompetisi Eropa.

Kini beberapa pemain-pemain Jepang yang tampil di Eropa di antaranya ada Takumi Minamino hingga Makoto Hasebe yang baru saja menjadi kampiun Liga Europa.

Baca Juga: Profil Shinji Kagawa, Eks-Manchester United yang Dirumorkan Gabung Persib Bandung

Selain bek, gelandang, hingga penyerang, ada juga pemain-pemain Jepang yang bermain di Eropa dengan posisi penjaga gawang. Siapa saja mereka?

1. Leo Kokubo

Pemain dengan nama lengkap Leo Brian Kokubo ini merupakan sosok keturunan Jepang-Nigeria yang kini bermain di klub raksasa Portugal, Benfica.

Pemain berusia 21 tahun ini memang belum menembus tim utama, dia masih bermain untuk tim Benfica B di Segunda Liga.

2. Kosuke Nakamura

Baca Juga: Dibantai Eintracht Frankfurt, Barcelona Gagal Lolos ke Semifinal Liga Europa

Penjaga gawang berusia 27 tahun ini membela tim Portugal lainnya, Portimonense SC. Dia didatangkan ke Liga Portugal pada Januari 2021.

Meski tidak menjadi pilihan utama, Nakamura mampu mencatatkan enam clean sheet dalam enam penampilannya buat Portimonense.

3. Daniel Schmidt

Pindah ke Liga Belgia, ada Daniel Schmidt yang saat ini sedang membela VV St. Truiden. Pemain berusia 30 tahun ini sudah bergabung dengan klub tersebut sejak 2019.

Kiper kelahiran Amerika Serikat tersebut baru bermain sebanyak 7 kali buat Timnas Jepang.

4. Eiji Kawashima

Salah satu kiper kawakan yang dimiliki oleh Jepang ini sudah memulai debutnya buat Timnas Jepang sejak tahun 2008 silam.

Dia kini membela klub asal Prancis, Racing Strasbourg pada 2018 usai ditransfer dari FC Metz. Sebelum di Prancis, dia pernah merumput di Liga Skotlandia dan Liga Belgia.

5. Shuichi Gonda

Nama terakhir adalah Shuichi Gonda yang bermain untuk klub Liga Portugal, Portimonense. Dia dipermanenkan pada Januari 2022 setelah dipinjamkan ke Shimizu S-Pulse.

Penjaga gawang berusia 33 tahun ini merupakan andalan Timnas Jepang dengan mengantongi 33 penampilan buat Samurai Blue.

Kontributor: Aditia Rizki

Komentar