facebook

Target PSSI di Piala AFF Kelompok Umur, Timnas Wanita tak Dibebankan Juara

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Target PSSI di Piala AFF Kelompok Umur, Timnas Wanita tak Dibebankan Juara
Ilustrasi - Pemain Timnas Wanita Indonesia Zahra Musdalifah (tengah) saat internal game (dok. PSSI)

"Target untuk U-19 dan U-16 adalah juara, kalau target timnas wanita adalah semifinal," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Suara.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengusung target tinggi dalam ajang kejuaraan AFF kelompok umur dan wanita tahun ini yakni Piala AFF U-16, U-19, dan Wanita U-18.

Federasi sepak bola Tanah Air itu menargetkan timnas Indonesia U-16 dan U-19 untuk bisa merengkuh gelar juara dalam ajang yang berlangsung di Jakarta dan Bekasi.

Sementara timnas wanita U-18 hanya ditarget untuk setidaknya bisa melaju hingga babak semifinal dalam ajang yang akan berlangsung di Palembang itu.

Ketua Umum PSSI,  Mochamad Iriawan atau Iwan Bule (Twitter @PSSI)
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule (Twitter @PSSI)

"Perlu saya sampaikan ada beberapa ajang yang berada di Indonesia. Itu ada AFF U-19 dan AFF U-16 di Patriot dan Madya, serta AFF Women di Palembang. Semuanya sedang berlatih, kita doakan," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Siapa Ahmed Salman, Striker Berdarah Arab yang Membela Israel U-19? Berpeluang Main di Indonesia

"Target untuk U-19 dan U-16 adalah juara, kalau target timnas wanita adalah semifinal. Mudah mudahan bisa lewati itu," terang mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Suruh level tim nasional itu kini sudah menjalani latihan. Khusus Timnas Indonesia U-19 arahan Shin Tae-yong yang menjadi perhatian lebih mengingat disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Training camp (TC) timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. [PSSI]
Training camp (TC) timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. [PSSI]

"Mereka juga yang akan bermain di Piala Dunia U-20 tahun depan. Jadi mudah-mudahan performa mereka meningkat," pungkas Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan.

Piala AFF U-19 2022 akan berlangsung lebih dulu di Stadion Madya, Jakarta dan Patriot Candrabhaga, Cikarang, mulai 2-15 Juli mendatang. Timnas Indonesia U-19 selaku tuan rumah berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Myanmar, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Lalu selanjutnya ada Piala AFF U-18 Wanita 2022 yang berlangsung pada 22 Juli sampai 4 Agustus di Stadion Bumi Sriwijaya dan Stadion Jakabaring, Palembang. Timnas Wanita Indonesia U-18 berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Kamboja, dan Singapura.

Baca Juga: Hasil Investigasi Tewasnya Dua Bobotoh, Ketum PSSI: GBLA Tidak Siap Gelar Pertandingan dengan Penonton

Sementara Piala AFF U-16 2022 akan bergulir pada 31 Juli sampai 4 Agustus mendatang di venue yang sama dengan kelompok umur U-19. Tim asuhan Bima Sakti berada di Grup A bersama Vietnam, Singapura, dan Filipina.

Komentar