facebook

Peluang PSM Makassar Menangi Piala AFC 2022 Zona ASEAN

Rully Fauzi
Peluang PSM Makassar Menangi Piala AFC 2022 Zona ASEAN
Pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim (kanan). [ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto]

PSM sudah mengamankan tiket semifinal.

Suara.com - PSM Makassar menjadi satu-satunya kontestan asal Indonesia yang diharapkan mampu melaju jauh di ajang Piala AFC 2022.

Sebelumnya, PSM telah sukses lolos ke fase semifinal zona ASEAN Piala AFC seusai menjadi juara di penyisihan grup lalu, yakni di Grup H.

Bersaing dengan Kuala Lumpur City FC (Malaysia) dan Tampines Rovers (Singapura), PSM Makassar sukses mengakhiri persaingan sebagai juara Grup H.

Pada fase semifinal zona ASEAN, PSM Makassar akan menantang wakil Malaysia, Kedah Darul Aman FC, yang berstatus sebagai juara Grup G Piala AFC 2022.

Baca Juga: Borneo FC Samarinda ke Semifinal Piala Presiden Usai Tekuk PSM 2-1

Jika mampu menumbangkan Kedah Darul Aman FC, maka skuad Juku Eka akan melaju ke fase final zona ASEAN Piala AFC 2022.

Secara hitung-hitungan, sebetulnya bukan tidak mungkin PSM bisa menumbangkan Kedah Darul Aman. Sebab, wakil Malaysia ini sempat ditekuk 0-2 oleh Bali United pada laga pertama Grup G.

Namun demikian, performa Kedah memang cukup apik. Pasalnya, setelah takluk dari Bali United mereka mampu menyapu bersih dua laga selanjutnya dengan kemenangan.

Wakil Filipina, Kaya FC Iloilo, dihajar 1-4, sedangkan klub asal Kamboja, Visakha FC, sukses dibantai Kedah dengan skor 1-5.

Kebangkitan inilah yang patut diantisipasi oleh PSM. Hal itu membuktikan bahwa Kedah masih mampu kembali berdiri tegak setelah tumbang pada laga perdana.

Andai mampu menumbangkan Kedah FC, PSM Makassar akan berjumpa pemenang dari wakil Vietnam, Viettel FC, melawan klub Malaysia, Kuala Lumpur City FC.

Viettel FC jadi tim yang bakal menyulitkan skuad Juku Eja. Pasalnya, kiprah mereka di fase penyisihan grup Piala AFC 2022 cukup mentereng.

Tergabung di Grup I, Viettel FC berhasil menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan, yakni saat menumbangkan Young Elephant (5-1), Phnom Penh Crown (1-0), dan Hougang United (5-2).

Catatan itulah yang harus menjadi perhatian khusus bagi anak asuh Bernardo Tavares. Pasalnya, Viettel FC jadi salah satu tim terkuat di Piala AFC 2022 zonal ASEAN.

Sementara itu, Kuala Lumpur City FC bukanlah lawan yang baru bagi PSM Makassar. Sebab, kedua tim sama-sama tergabung di Grup H Piala AFC 2022.

Pada pertemuan itu, PSM Makassar dan KL City FC bermain imbang tanpa gol. Namun, PSM Makassar unggul selisih gol dan berhak jadi juara grup.

Adapun KL City FC mampu lolos ke fase semifinal zonal ASEAN Piala AFC 2022 seusai unggul atas Visakha FC dan Hougang United.

[Muh Adif Setyawan]

Komentar