facebook

3 Tim dengan Skuad Termahal di Liga 1 2022/2023

Rully Fauzi
3 Tim dengan Skuad Termahal di Liga 1 2022/2023
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll (kanan) memberi instruksi pada para pemainnya. (ANTARA/HO/Persija)

Persija Jakarta jadi tim dengan skuad termahal saat ini.

Suara.com - Berikut tiga tim dengan skuad termahal di Liga 1 2022/2023 sejauh ini seiring dengan hadirnya deretan bintang ke klub kasta teratas sepakbola Indonesia.

Kompetisi kasta teratas Indonesia saat ini, Liga 1, tengah menjalani jeda kompetisi yang dimanfaatkan untuk menjalani pramusim maupun menyiapkan skuadnya.

Para klub Liga 1 diberi wadah untuk menjalani pramusim dengan berpartisipasi di ajang Piala Presiden 2022 yang telah memasuki babak semifinal.

Sedangkan dalam menyiapkan skuadnya, para klub Liga 1 tengah melakoni aktivitas jual beli pemain maupun bongkar pasang skuad.

Baca Juga: Sumbang Satu Gol untuk Timnas Indonesia U-19, Alfriyanto Nico Tidak Puas

Beberapa klub Liga 1 telah mendatangkan pemain-pemain yang dibutuhkan, terutama untuk pemain-pemain asingnya.

Sejauh ini, beberapa nama besar pun telah didatangkan oleh klub-klub Liga 1. Kehadiran para pemain bintang ini kemudian mendongkrak nilai pasar klub-klub Liga 1.

Lantas, siapa saja klub Liga 1 yang memiliki nilai skuat termahal sejauh ini? Berikut daftarnya:

1. Persija Jakarta

Persija Jakarta berhasil menjadi klub dengan nilai skuat termahal di Liga 1 sejauh ini, dengan nilai skuat mencapai RP108,81 miliar.

Baca Juga: Thomas Doll Yakin Hanno Behrens Bisa Tingkatkan Kualitas Persija

Nilai ini melonjak usai klub berjuluk Macan Kemayoran itu mendatangkan tiga pemain bintang Eropa di bursa transfer saat ini.

Persija pertama kali mendatangkan Ondrej Kudela yang dilepas Slavia Praha dan disusul oleh Michael Krmencik yang tak lain kompatriot dan mantan rekan setimnya.

Teranyar, Persija mendatangkan Hanno Behrens dari Hansa Rostock dengan menebus sisa kontraknya yang tersisa satu tahun lagi.

Datangnya ketiga pemain yang punya nilai pasar mahal ini lantas membuat nilai skuat Persija melonjak drastis.

2. Bali United

Bali United harus puas posisinya sebagai klub dengan nilai skuat termahal digusur Persija. Laskar Serdadu Tridatu sendiri saat ini memiliki nilai paar Rp88,65 miliar.

Besarnya nilai pasar Bali United tersebut didapat dari deretan bintangnya sepert Brwa Nouri yang menjadi salah satu pemain termahal di Liga 1 dan diikuti oleh William Pacheco.

Selain karena pemain asingnya, nilai skuat Bali United yang terbilang mahal dikarenakan banyaknya penggawa Timnas Indonesia yang membela Laskar Serdadu Tridatu.

Bali United memiliki penggawa Timnas Indonesia semacam Nadeo Argawinata dan Irfan Jaya, serta pemain lokal yang punya nilai pasar lainnya.

3. Persib Bandung

Persib Bandung menduduki tim Liga 1 ketiga dengan skuat termahal di Liga 1 sejauh ini, dengan nilai skuat mencapai Rp87,34 miliar.

Tingginya nilai skuat Persib ini juga tak lepas dari banyaknya pemain bintang di kubu Maung Bandung baik pemain lokal maupun pemain asing.

Persib sendiri memiliki pemain dengan nilai pasar mahal seperti Marc Klok, Nick Kuipers, Ciro Alves, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto.

Selain itu, ada pula beberapa pemain yang punya nilai pasar mahal yang sebelumnya telah membela Persib seperti Febri Haryadi dan Frets Butuan.

[Felix Indrajaya]

Komentar