Haaland dan Foden Hat-trick, Manchester City Gerus Manchester United 6-3 di Etihad

Rully Fauzi
Haaland dan Foden Hat-trick, Manchester City Gerus Manchester United 6-3 di Etihad
Penyerang Manchester City, Erling Haaland (kiri) dan gelandang serang Phil Foden merayakan gol ke gawang Manchester United pada laga Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Minggu (2/10/2022) malam WIB. [AFP]

Manchester City terlalu superior ketimbang rival sekotanya itu.

Suara.com - Erling Haaland dan Phil Foden sama-sama mencetak hat-trick alias trigol saat Manchester City menggerus Manchester United (MU) dalam Derbi Manchester lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Minggu (2/10/2022) malam WIB. Manchester City terlalu superior ketimbang rival sekotanya itu dan menang telak 6-3.

Dominasi penuh Manchester City sudah terlihat dengan mereka unggul 4-0 saat half-time.

Manchester United memang mencetak tiga gol balasan di babak kedua, namun di fase ini Manchester City memang tampak sudah menurunkan pedal gas mereka dan nyatanya masih bisa mencetak dua gol tambahan.

Penyerang Manchester City, Erling Haaland (kiri) berduel dengan bek Manchester United, Raphael Varane pada laga Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Minggu (2/10/2022) malam WIB. [LINDSEY PARNABY / AFP]
Penyerang Manchester City, Erling Haaland (kiri) berduel dengan bek Manchester United, Raphael Varane pada laga Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Minggu (2/10/2022) malam WIB. [LINDSEY PARNABY / AFP]

Dengan kemenangan ini, Manchester City menempel ketat Arsenal di puncak klasemen. The Citizens saat ini ada di urutan kedua dengan raihan 20 poin dari delapan laga, terpaut satu angka dari Arsenal.

Baca Juga: Presiden FIFA Gianni Infantino Tanggapi Tragedi Kanjuruhan: Hari yang Gelap di Sepak Bola

Sementara itu, Manchester United tertahan di peringkat keenam tabel klasemen usai menelan kekalahan ketiga mereka di musim ini tersebut.

The Red Devils baru mengoleksi 12 poin namun mereka baru memainkan tujuh pertandingan.

Di Etihad, Manchester City sudah mengancam gawang MU pada menit ke-3 lewat beberapa kali percobaan.

Bernardo Silva yang bergerak dari sisi kiri melepaskan umpan silang ke kotak penalti yang diteruskan Erling Haaland dengan sundulan. Bola sundulan striker jangkung itu masih bisa diblok McTominay di depan gawang.

Bola muntah disambar Kevin De Bruyne, tetapi ditepis oleh David De Gea. Bernardo Silva kembali mencoba menyambar bola liar, sayang kembali diblok pemain MU di depan gawang.

Baca Juga: Hindari Banned Imbas Tragedi Kanjuruhan, PSSI Intens Lobi FIFA

City membuka keunggulan pada menit ke-8 lewat gol Phil Foden.  Bernardo Silva melepaskan umpan tarik dari sisi kiri.  Foden yang lolos dari kawalan lini belakang MU menyambar bola dari Silva untuk menjebol gawang David De Gea.

The Citizen mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti MU menyusul pelanggaran Lisandro Martinez kepada Grealish. Ilkay Gundogan jadi eksekutor tendangan bebas. Namun, tendangan gelandang asal Jerman itu masih membentur tiang gawang.

City terus menguasai permainan di saat MU kesulitan membangun serangan dan terlalu mudah kehilangan bola.

Foden nyaris menggandakan keunggulan City andai sepakannya tidak melambung ke atas gawang seusai menerima umpan tarik Bernardo Silva dari sisi kiri.

City terus mengurung MU, membombardir gawang lawan dengan tembakan, tetapi belum mampu menjebol De Gea.

Kemudian, tim tuan rumah sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-34. Bola tendangan sudut De Bruyne ditanduk Haaland. Bola sempat dihalau oleh Tyrell Malacia, tetapi bola sudah sepenuhnya melewati garis gawang

Haaland kembali lagi menjebol gawang MU pada menit ke-37. De Bruyne yang bergerak di sisi kanan melepaskan umpan ke arah tiang jauh. Sambil menjatuhkan diri, Haaland menyambut bola dengan kaki kirinya.

City memperbesar keunggulan dengan mencetak gol keempatnya pada menit ke-44 lewat Phil Foden yang sekali lagi mencatatkan namanya di papan skor setelah dia menuntaskan umpan yang dilepaskan oleh Haaland dari sisi kiri.

Unggul 4-0, City langsung menekan di awal babak kedua. Luke Shaw kehilangan bola dan Foden memanfaatkannya sebelum melepaskan tembakan ke arah gawang. Kali ini De Gea sigap menepis bola di tiang dekat.

MU berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-56. Antony melakukan tusukan dari sisi kanan dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dengan kaki kiri. Bola gagal dijangkau Ederson dan mengoyak gawang City untuk mengubah skor menjadi 4-1.

City membalas gol itu dengan hattrick Haaland pada menit ke-64. City membangun serangan di sisi kiri sebelum Sergio Gomez melepaskan umpan ke depan gawang yang disambar Haaland untuk menaklukkan De Gea.

Pada menit ke-72, giliran Foden yang menorehkan trigol. Haaland menyodorkan bola kepada Foden yang masuk ke kotak penalti sebelum dia melepaskan tembakan untuk menjebol gawang MU.

Tertinggal 1-6, MU mencetak gol keduanya di laga itu pada menit ke-84 lewat sundulan Anthony Martial. Fred melakukan penetrasi ke kotak penalti dan melepaskan tembakan yang ditepis Ederson, tetapi bola rebound disundul oleh Martial.

MU mendapat penalti pada menit ke-90 setelah Martial dijatuhkan oleh Joao Cancelo. Martial maju sebagai eksekutor dan sukses menaklukkan Ederson untuk memangkas defisit gol menjadi 6-3.

Tidak ada gol tambahan dari kedua klub, Manchester City sukes menaklukkan rival sekotanya dengan skor telak 6-3

Susunan Pemain:

Manchester City: Ederson; Kyle Walker (Sergio Gomez 41'), Manuel Akanji, Nathan Ake, Joao Cancelo; Kevin De Bruyne (Alvarez 75'), Ilkay Gundogan (Laporte 75'), Bernardo Silva; Phil Foden (Mahrez 75'), Erling Haaland, Jack Grealish (Palmer 75').

Pelatih: Pep Guardiola (Spanyol)

Manchester United: David de Gea; Diogo Dalot, Raphael Varane (Lindelof 40'), Lisandro Martinez, Tyrell Malacia (Shaw 46'); Scott McTominay (Casemiro 59'), Christian Eriksen; Antony, Bruno Fernandes, Jadon Sancho (Fred 70'); Marcus Rashford (Martial 59').

Pelatih: Erik ten Hag (Belanda)