Bukan Jerman, Pelatih Persija Thomas Doll Favoritkan Brasil Jadi Kampiun Piala Dunia 2022

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Bukan Jerman, Pelatih Persija Thomas Doll Favoritkan Brasil Jadi Kampiun Piala Dunia 2022
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

Demam Piala Dunia juga melanda pelatih Persija Jakarta.

Suara.com - Demam Piala Dunia 2022 juga melanda Thomas Doll. Pelatih Persija Jakarta itu ternyata lebih memfavoritkan Timnas Brasil bisa mengangkat trofi Piala Dunia tahun ini di Qatar. Ini menarik mengingat Doll adalah orang Jerman.

Menurut Doll, skuad Brasil banyak dihuni pemain berkualitas sehingga lebih berpeluang juara ketimbang Jerman. Di setiap posisi, ada dua pemain berkualitas yang mengisi skuad Brasil.

"Pastinya Brasil menjadi favorit, termasuk tahun ini saya memfavoritkan mereka juara. Tim itu setidaknya memiliki dua pemain kelas dunia di setiap posisi. Tapi, yang difavoritkan belum tentu menjadi juara," ucap Doll di laman resmi Persija, Rabu (16/11/2022).

Arsip - Neymar (kedua kanan) melakukan selebrasi usai cetak gol kedua Brazil dalam pertandingan perdana Copa America 2021 lawan Venezuela di Mane Garrincha Stadium, Brasilia pada 14 Juni 2021. ANTARA/AFP/NELSON ALMEIDA/pri.
Para pemain Timnas Brasil. [AFP/NELSON ALMEIDA]

Meski begitu, Doll menilai Jerman juga punya kans menjadi juara. Dalam setiap edisi Piala Dunia, Jerman selalu mengalami peningkatan menurutnya.

Baca Juga: Thomas Doll Tak Mau Lepas Pemain Persija untuk Piala Asia U-20: Pergi Pas Piala Dunia U-20 Saja

"Saya pun berharap Jerman bisa lebih baik dibanding penampilan terakhir mereka. Pada edisi 2018, Jerman terpuruk (tersingkir di fase grup) padahal pada 2014 mereka bisa menjadi juara di Brasil. Tahun ini saya cukup yakin para pemain Jerman akan menampilkan permainan yang lebih baik," kata Doll.

Lain hal dengan asisten pelatih Persija asal Italia, Pasquale Rocco dan pelatih fisik Persija asal Siprus, Paul Keenan.

Lantaran kedua negara mereka tidak masuk dalam pesta sepak bola terakbar tahun ini, Rocco dan Keenan memilih untuk mendukung negara lain.

"Karena Italia tidak masuk dalam Piala Dunia 2022 ini, saya menjagokan Jerman. Pelatih kepala (Doll) pun berasal dari Jerman,” kata Pasquale.

"Saya biasanya hanya menonton dan menikmati Piala Dunia tanpa menjagokan siapa pun. Tapi mungkin kali ini saya pilih Jerman karena pelatih Thomas berasal dari Jerman," timpal Keenan.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia U-20, Stadion Utama GBK untuk Konser Raisa hingga Blackpink, Menpora: No Comment!

Sementara itu pelatih kiper nyentrik asal Republik Ceko, Jan Klima menjagokan Argentina untuk Piala Dunia 2022. Pelatih kiper Persija ini mengaku selalu mendukung Argentina di setiap edisi Piala Dunia.

“Untuk Piala Dunia tahun ini saya pikir masih Argentina favorit, mungkin juga Belgia. Tapi Saya lebih mendukung Argentina karena saya mengidolakan Argentina sejak jaman Diego Maradona dan Mario Kempes,” pungkasnya.