Korea Selatan Tembus Babak 16 Besar, Asia Sah Bikin Sejarah Baru di Piala Dunia

Rully Fauzi
Korea Selatan Tembus Babak 16 Besar, Asia Sah Bikin Sejarah Baru di Piala Dunia
Para pemain Timnas Korea Selatan melakukan selebrasi usai laga Piala Dunia 2022 kontra Portugal di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Jumat (2/12/2022) malam WIB. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Timnas Korea Selatan menyusul Jepang dan Australia sebagai wakil AFC yang bakal tampil di fase gugur Piala Dunia 2022.

Suara.com - Timnas Korea Selatan (Korsel) menang dramatis dengan skor 2-1 atas Portugal pada laga terakhir Grup H Piala Dunia 2022. Hasil ini membuat Korsel jadi tim Asia ketiga yang lolos ke fase gugur turnamen di Qatar.

Portugal sempat unggul cepat melalui gol dari Ricardo Horta, akan tetapi Korea Selatan sukses melakoni comeback lewat gol-gol dari Kim Young-gwon dan Hwang Hee-chan untuk mengamankan kemenangan 2-1.

Berkat kemenangan ini, Korea Selatan lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up Grup H dengan torehan 4 poin, hanya unggul dalam aspek jumlah gol memasukkan atas Uruguay.

Uruguay akhirnya harus rela finis ketiga dan tersingkir meski menang 2-0 lawan Ghana di laga yang dimainkan berbarengan.

Baca Juga: Mengenang Piala Dunia U-20 1979: Ketika Maradona Obok-obok Timnas Indonesia

Dengan demikian, Korsel jadi tim ketiga asal Asia yang berhasil melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022. Dua tim lain yang lebih dulu membuat kejutan adalah Jepang dan Australia. Jepang bahkan menjuarai grup mereka yang dihuni Spanyol dan Jerman.

Sejarah baru pun tercipta. Dilansir dari WhoScored, ini jadi pertama kalinya sepanjang sejarah Piala Dunia bahwa ada tiga tim sekaligus dari konfederasi AFC yang bakal tampil di fase gugur dalam satu edisi turnamen.

Bagi Korsel sendiri, tim berjuluk The Taeguk Warriors ini mengulang kesuksesan mereka pada Piala Dunia 2002 dan 2010 menebus fase gugur.

Pada edisi 2002 saat mereka jadi tuan rumah turnamen, Korsel bahkan sukses mencapai babak semifinal dan akhirnya jadi juara keempat. 

Baca Juga: CEK FAKTA: TC Timnas Indonesia Dibubarkan & Batal Ikut Piala Asia, Internal PSSI Buat AFC Marah Besar?