Hasil Argentina Vs Australia: Menang 2-1, Lionel Messi Cs Tantang Belanda Di Perempatfinal Piala Dunia 2022

Bangun Santoso
Hasil Argentina Vs Australia: Menang 2-1, Lionel Messi Cs Tantang Belanda Di Perempatfinal Piala Dunia 2022
Lionel Messi mencetak satu gol ke gawang Australia di laga 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. (AFP)

Laga melawan Australia di Piala Dunia 2022 ini juga menjadi pertandingan ke-1.000 bagi Lionel Messi

Suara.com - Timnas Argentina sukses melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar usai menumbangkan Australia di laga 16 besar pada Minggu (4/12/2022) dini hari WIB. Sang kapten Lionel Messi tampil gemilang dengan mencetak satu gol di babak pertama.

Bermain di Ahmad bin Ali Stadium, ini juga menjadi rekor bagi sang kapten Argentina Lionel Messi. Ini adalah laga ke-1.000 bagi pemain bernomor punggung 10 itu, di mana partai paling banyak dijalani Messi adalah saat berada di tim sepakbola Barcelona.

Sempat buntu di awal-awal babak pertama, Argentina akhirnya bisa membuat gol lewat aksi gemilang Lionel Messi di menit 35. Umpan ciamik Nicolas Otamendi diselesaikan dengan dingin lewat sepakan kaki kiri terukur Messi.

Meski tak banyak menguasai bola, Australia bukan tanpa upaya. Setelah sempat keteteran terus digempur di awal-awal babak pertama, tim Negeri Kanguru pelan-pelan bangkit membalas seiring dengan mengendurnya serangan Argentina.

Baca Juga: Wow! Pemain Rp293,8 M dari Chelsea FC Menuju Indonesia? Skuad Shin Tae yong di Timnas Indonesia Makin Ganas?

Setelah solid tampil di belakang, barisan depan Australia beberapa kali menciptakan kans peluang gol. Namun para bek Argentina cukup sigap dan lugas menahan gempuran lawan.

Di babak kedua, Argentina tak mengendurkan serangan. Keunggulan satu gol dirasa masih krusial dipertahankan.

Pertandingan kali ini bak panggung permainan seorang Lionel Messi. Berkali-kali gocekannya mampu membuat barisan belakang Australia kalang kabut.

Beruntung bagi mereka, finishing Messi beberapa kali hanya melambung atau melebar tipis dari sasaran.

Memasuki menit 57 Argentina akhirnya menambah keunggulan jadi 2-0 lewat sebuah gol yang dicetak striker Julian Alvarez.

Baca Juga: FIFA Cek Tanah dan Drainase Lapangan GBT Surabaya Jelang Piala Dunia U-20

Tertinggal dua gol Australia mencoba balik menekan. Permainan pun makin menegangkan dan tampak seru. Beberapa kali upaya serangan nyaris tercipta gol.

Di sisi lain Argentina justru lebih banyak peluang lewat serangan balik, sebab kini para pemain Australia lebih fokus menyerang demi mengejar ketertinggalan.

Berkali-kali mencoba, Australia akhirnya bisa mendapatkan gol. Sebuah upaya serangan yang coba ditahan oleh bek Argentina Enzo Fernandez di menit 77 justru masuk ke gawang sendiri alias gol bunuh diri, skor berubah jadi 2-1.

Sayang di sisa pertandingan yang ada ditambah tambahan waktu 7 menit tak bisa dimanfaatkan Australia mengejar ketertinggalan. Argentina akhirnya menang 2-1 dan berhak melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Di laga perempat final Piala Dunia, Argentina akan menantang Belanda yang lebih dulu memastikan diri melaju usai menundukkan Amerika Serikat 3-1.

Susunan pemain:

Argentina (4-3-3) : Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Marcos Acuna; Rodrigo De Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister; Alejandro Gomez, Lionel Messi (kapten), Julian Alvarez

Pelatih: Lionel Scaloni (Argentina)

Australia (4-4-2): Mathew Ryan (kapten); Milos Degenek, Kye Rowles, Harry Souttar, Aziz Behich; Mathew Leckie, Aaron Mooy, Jackson Irvine, Keanu Baccus; Riley McGree, Mitchell Duke

Pelatih: Graham Arnold (Australia)

Wasit: Szymon Marciniak (Polandia)