alexametrics

3 Alat Musik Tradisional yang Mendunia dari Jawa Barat hingga Rote

Rifan Aditya
3 Alat Musik Tradisional yang Mendunia dari Jawa Barat hingga Rote
Alat musik tradisional yang mendunia - Ilustrasi angklung. (Shuttersock)

Tak banyak orang tahu bahwa alat musik tradisional yang mendunia dari Indonesia cukup banyak.

Suara.com - Indonesia dikenal sebagai negara dengan budaya dan adat yang benar-benar beragam. Tak terkecuali, alat musik tradisional pun bermacam-macam dan mendunia. Apa saja alat musik tradisional yang mendunia dari Indonesia itu?

Alat musik, adalah salah satu produk kebudayaan otentik yang dimiliki setiap suku. Mungkin, tak banyak orang tahu, bahwa alat musik tradisional yang mendunia dari Indonesia cukup banyak.

Alat-alat musik ini bisa dikenal dunia karena suara unik yang dihasilkan. Biasanya, terkenalnya alat musik tradisional khas Indonesia ini diawali dari penggunaannya di musik internasional.

Ketika banyak orang mengerti ada elemen unik, maka alat ini akan dicari dan dikulik oleh masyarakat dunia. Nah, beberapa alat musik tradisional yang mendunia dari Indonesia, antara lain adalah yang ada pada daftar singkat ini.

Baca Juga: 10 Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat, dari Sape sampai Hadrah

Alat Musik Tradisional yang Mendunia

1. Angklung

Alat musik ini berasal dari Jawa Barat, dan memiliki suara unik karena dibuat dari bambu. Cara memainkannya adalah menggoyangkan angklung ini.

Akibat goyangan itulah membuat bambu saling bertumbukan dan mengeluarkan bunyi khas yang tak ditemukan di alat musik lain. Sebenarnya angklung sendiri bisa ditemui tak hanya di Jawa Barat, namun juga di Bali, Banyuwangi, dan daerah lainnya.

2. Sasando

Baca Juga: Uki Eks NOAH Sebut Musik Pintu Maksiat, Gus Miftah Beri Penjelasan Menohok

Alat musik tradisional yang mendunia berikutnya adalah sasando. Ini merupakan alat musik dari masyarakat Rote di Nusa Tenggara Timur. Sasando sudah dimainkan sejak abad ke-7 lalu.