alexametrics

Gumpalan Darah saat Haid, Itu Apa Ya?

Ririn Indriani
Gumpalan Darah saat Haid, Itu Apa Ya?
Ilusrasi konsultasi dokter. (Shutterstock)

Saat haid biasanya gumpalan darah yang keluar berwarna merah cerah atau pekat.

Suara.com - Tanya:

Selamat sore Dokter,
Dok, terakhir saya haid pada 26 September, dan 31 Oktober saya baru haid. Tadi pagi saat mandi keluar gumpalan seperti daging berwarna merah hati dan putih keabu-abuan. Pada masa subur saya melakukan hubungan intim dengan suami. Kemarin sebelum keluar darah haid saya makan durian, dan sorenya langsung keluar darah haid. Gumpalan itu apa ya, Dok ? Apakah itu janin? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

CK
 
Jawab:

Selamat sore Ibu CK,
Haid biasanya terjadi selama 6-7 hari. Pada periode tersebut tubuh akan mengeluarkan darah melalui vagina. Biasanya gumpalan darah yang keluar berwarna merah cerah atau merah tua dan pekat.

Gumpalan darah ini biasanya keluar saat haid masih “deras-derasnya” atau saat perdarahan yang terberat. Keluarnya gumpalan darah secara berulang ini membuat darah haid Anda terlihat lebih kental ketimbang biasanya.

Sebenarnya tubuh melepaskan zat yang bisa mencegah pembekuan darah yang berfungsi mencegah darah haid menjadi gumpalan saat keluar. Tapi, saat awal haid biasanya darah yang keluar lebih banyak sehingga zat pencegah pembekuan darah (antikoagulan) tidak cukup waktu untuk bekerja. Akibatnya, darah pun keluar bergumpal-gumpal.

Kondisi ini sebenarnya normal saja dialami setiap perempuan, terutama jika gumpalan darah terjadi pada hari-hari pertama. Tapi, keluarnya darah secara berlebihan dan terus menerus bisa jadi mengakibatkan anemia.

Jika jumlah gumpalan darah yang keluar tidak normal dan lebih dari masa haid yang normal sekitar 6-7 hari, maka sebaiknya segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter agar mengetahui penyebab sebenarnya.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.
 
Dijawab oleh: dr. Lidwina Cindy Chandra
Sumber: https://meetdoctor.com