Bayi Diduga Berkelamin Ganda Lahir di Musi Banyuasin

Liberty Jemadu
Bayi Diduga Berkelamin Ganda Lahir di Musi Banyuasin
Ilustrasi logo interseks. [Shutterstock]

Setelah lahir, Ahmad dinyatakan berkelamin perempuan oleh bidan desa yang membantu proses persalinan ibunya.

Suara.com - Seorang bayi dengan kondisi ambiguous genital atau kelamin ganda lahir pada Maret lalu di Desa Bukit Selabu, Kecamatan Batang Hari Leko, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Ahmad Rasyid Alfarizi, nama bayi itu, lahir dari pasangan Arina dan Dedi Supriyanto. Ahmad lahir melalui persalinan normal, Kamis (22/3/2018) yang dibantu oleh bidan desa. Setelah lahir, ia dinyatakan sebagai anak perempuan oleh bidan desa.

Namun, keanehan mulai muncul satu hari setelah lahir. Muncul kelamin lain pada sang bayi.

Atas saran bidan desa bayi itu harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, mengingat kasus itu belum pernah terjadi di daerah tersebut.

Namun karena kondisi bayi terlalu lemah, pihak keluarga memutuskan untuk menunda membawanya ke RSUD Sekayu. Barulah, 10 hari berselang, tepatnya hari ini, Rabu (4/4/2018), keluarga membaya bocah itu ke RSUD Sekayu.

"Selama mengandung hingga melahirkan saya tidak merasakan keanehan terhadap bayi yang ada di dalam kandungan. Bahkan firasat pun tidak ada," ujar sang ibu bayi, Arina.

Selama mengandung, kata dia, dirinya dan sang bayi selalu dalam keadaan sehat, ini terlihat selama pemeriksaan kandungan yang dilakukan. Keadaan aneh, sambung dia, baru terlihat saat sang bayi buang air kecil.

"Saat buang air kecil kita curiga kenapa air keluar dari dua tempat secara bersamaan. Kita lapor ke bidan lalu diperiksa dan disarankan ke rumah sakit. Kita berharap, apapun jenis kelaminnya nanti, anak kami dapat sehat, kita terima jenis kelaminnya apa," harapnya.

Sementara itu Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, Andodi membenarkan pihaknya telah menerima bayi atas nama Ahmad Rasyid Alfarizi, saat ini sang bayi tengah mendapatkan perawatan secara intensif di ruang bayi dan anak.

"Dari hasil pemeriksaan sementara memiliki kelamin ganda. Tapi kita belum bisa mengambil keputusan karena menunggu hasil laboratorium oleh tim dokter RSUD Sekayu," pungkasnya. (Andhiko)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS