Digigit Ulat Bulu, Ini Pertolongan Pertamanya

Vania Rossa | Firsta Nodia
Digigit Ulat Bulu, Ini Pertolongan Pertamanya

Meski gatal, jangan pernah menggaruk bagian tubuh yang digigit ulat bulu.

Suara.com - Hanna Natasya Maria Mirdad alias Nana Mirdad baru-baru ini mengunggah pengalamannya 'diserang' ulat bulu. Bahkan, istri dari aktor Andrew White ini juga menunjukkan kulitnya yang bentol-bentol usai digigit ulat bulu.

Jika Anda mengalami hal yang sama dengan Nana, maka pastikan Anda melakukan pertolongan pertama secara tepat. Seperti dilansir dari laman Medical Daily, segeralah cuci bagian tubuh yang digigit ulat bulu dengan sabun dan air. Sebaiknya hindari menggaruk bagian tubuh yang digigit ulat bulu karena dapat menyebabkan lecet dan meningkatkan risiko infeksi.

Setelah itu, pastikan Anda melepaskan perhiasan di sekitar area bekas gigitan yang mungkin terjadi bengkak dan terasa sakit. Hasil gigitan ulat bulu biasanya akan meninggalkan rambut atau duri kecil di area yang terkena, dan cara terbaik untuk mengangkatnya adalah dengan menggunakan selotip.

"Letakkan bagian selotip yang lengket ke bagian yang tergigit dan kupas sampai duri atau rambut terlepas dari kulit Anda," demikian pedoman dari National Capital Poison Center.

Baru-baru ini, seorang gadis berusia lima tahun di Texas tersengat oleh ulat bulu yang sangat beracun. Ketika dia dirawat di rumah sakit, komplikasi dari sengatan itu berkurang secara signifikan karena duri dengan cepat dibuang oleh karyawan di pusat penitipan anak.

Gigitan ulat bulu memang cukup umum terjadi, terutama bagi mereka yang menghabiskan banyak waktu di luar ruangan seperti tukang kebun atau anak-anak.

Michael Merchant, seorang entomolog dari Texas A & M University, mengatakan rambut dan duri ulat bulu dipenuhi racun yang bisa menyebabkan rasa sakit hingga 12 jam.

"Pada tiap orang reaksinya akan berbeda. Saya punya satu teman yang merasa seperti sedang mengalami gangguan jantung setelah tersengat ulat bulu. Jadi itu bukan pengalaman yang menyenangkan," katanya.

Secara keseluruhan, seseorang harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami infeksi, gejala seperti flu, pembengkakan ekstrem, denyut jantung berdetak cepat, atau pingsan.

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS