Bukan Kanker, Ini 4 Penyebab Puting Terasa Nyeri Usai Menstruasi

M. Reza Sulaiman
Bukan Kanker, Ini 4 Penyebab Puting Terasa Nyeri Usai Menstruasi
Puting perempuan terasa nyeri usai menstruasi, ini deretan penyebabnya. (Shutterstock)

Puting terasa nyeri usai menstruasi, cek penyebabnya di sini.

Suara.com - Nyeri di bagian puting memang merupakan salah satu gejala kanker payudara. Tapi bagi perempuan yang baru saja selesai menstruasi, nyeri pada puting juga bisa terjadi karena beragam sebab lain.

Apa saja? Simak pembahasannya berikut ini ya.

1. Alergi

Alergi biasanya ditandai dengan munculnya ruam pada kulit, yang diiringi dengan gatal-gatal. Namun beberapa produk perawatan tubuh dapat memicu reaksi alergi juga lho.

Reaksi alergi ini dapat menyebab puting iritasi, hingga menimbulkan rasa nyeri. Beberapa produk yang bisa meyebabkan alergi dan nyeri puting antara lain deterjen, sabun mandi, parfum dan lotion.

2. Infeksi

Puting juga bisa terasa nyeri karena infeksi. Infeksi disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari gesekan dengan pakaian, digaruk saat gatal, atau bahkan karena menyusui.

3. Rangsangan seksual

Rangsangan seksual yang berlebihan tak bikin sentuhan di area puting menjadi nikmat. Sebaliknya, justru rasa nyeri yang didapat.

Hal ini terjadi karena kondisi puting yang ekstra sensitif, menyebabkannya lebih mudah merasa sakit.

4. Gesekan

Gesekan antara puting dengan bra dapat terjadi ketika ukuran bra tidak sesuai dengan ukuran payudara. Hal ini dapat menyebabkan iritasi, yang akhirnya membuat puting nyeri.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS