Anak Kelebihan Berat Badan, Orang Tua Juga Harus Ikut Diet

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Anak Kelebihan Berat Badan, Orang Tua Juga Harus Ikut Diet
Peran orang tua penting agar anak punya gaya hidup sehat. (Shutterstock)

Ketika orang tua ikut diet, anak juga akan terpengaruh gaya hidup sehat.

Suara.com - Anak Kelebihan Berat Badan, Orang Tua Juga Harus Ikut Diet

Memiliki rencana untuk menurunkan berat badan? Rumah adalah tempat paling tepat untuk memulainya.

Bahkan, Anda bisa menularkan kebiasaan baik yang Anda lakukan untuk menurunkan berat badan, seperti olahraga dan makan makanan sehat pada seluruh anggota keluarga di rumah, termasuk buah hati Anda.

Hal tersebut diungkap oleh sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition Education and Behavior.

Dilansir The Health Site, studi tersebut menemukan bahwa kurikulum DRIVE (Developing Relationships that Include Values of Eating and Exercise) atau pengembangan hubungan yang mencakup nilai-nilai makanan dan olahraga dapat mengurangi kenaikan berat badan pada anak-anak dan juga mendorong orang tua untuk menurunkan berat badan.

"Orang tua adalah orang yang paling penting dan berpengaruh dalam lingkungan anak," kata peneliti studi Keely Hawkins dan Corby K. Martin dari Louisiana State University di AS.

Untuk penelitian ini, 16 keluarga diperiksa berdasarkan risiko obesitas anak mereka selama lebih dari 19 minggu. Anak-anak berusia 2-6 tahun, dan dengan indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 75 persen terdaftar.

Keluarga secara acak ditugaskan untuk menerima informasi kesehatan saja atau menjalani DRIVE. Anak-anak dalam sesi DRIVE yang juga memiliki waktu camilan dan makan teratur, mengurangi waktu layar, dan mendorong bermain aktif secara fisik, mempertahankan berat badan mereka dengan sedikit penurunan BMI.

Selain itu, orang tua yang berpartisipasi dalam sesi DRIVE juga bisa mengurangi berat badan mereka. Tetapi anak-anak yang hanya menerima pendidikan kesehatan, berat badan dan BMI mereka secara signifikan meningkat.

"Hasil kami menunjukkan bahwa pada titik setengah jalan penelitian, anak-anak menjadi lebih sehat. Namun, perubahan kesehatan orang tua tidak terjadi sampai akhir penelitian. Ini menunjukkan perlunya program jangka panjang berbasis keluarga untuk mendukung perubahan perilaku," tambah para peneliti.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS