Meldi Mengaku Operasi Pita Suara, Seperti Apa Prosesnya?

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Meldi Mengaku Operasi Pita Suara, Seperti Apa Prosesnya?
Rosa Meldianti [Sumarni/Suara.com]

Secara terang-terangan Meldi mengaku dirinya sudah melakukan operasi pita suara, namun hal ini disangsikan oleh Danang DA2.

Suara.com - Melalui unggahannya pada Jumat (2/8//2019) kemarin, keponakan Dewi Perssik, Rosa Meldianti, mengaku dirinya telah mengubah suaranya menjadi lebih merdu melalui operasi pita suara.

"Nggak sia-sia abis operasi pita suara-suaranya jadi makin gemesh deh.. Hayoloh makin berkurang deh yang kalian mau hujat," tulis @rosameldianti_ .

Karena merasa banyak yang tidak percaya akhirnya Meldi kembali meyakinkan warganet melalui sebuah unggahan video lain.

"Banyak yang nggak percaya kalau suara Meldi dikira pakai suara Mama, kalian nggak percaya si kalau Meldi abis itu pita suara," ujarnya.

Hal ini pun langsung ditanggapi oleh Danang DA2. Ia bertanya dokter mana yang dapat membuat suara menjadi lebih bagus.

"Dek @rosameldianti_ Deeekkkk.... Di manaaa bisa tarik atau operasi pita suara (apalah itu istilahnya aku nggak tau) biar suara bisa berubah (lumayan) sedikit bagus dek??? Please mas danang Minta info dokternya. Adek2 ku biar sekalian aku operasi biar bisa nyanyi. Trus nyari duit sendiri biar g minta bapak ibunya terus. Info yahh deekk," tulis @da2_danang dalam kolom komentar.

Rosa Meldianti [Sumarni/Suara.com]
Rosa Meldianti [Sumarni/Suara.com]

Operasi pita suara yang bertujuan untuk menguatkan suara disebut dengan voice lift. Namun operasi ini umumnya dilakukan kepada seseorang yang mengalami kelemahan suara.

Melansir voicedoctor.co.uk, kelemahan suara dapat terjadi akibat kelumpuhan satu atau dua pita suara lainnya (lipatan vokal).

Kelumpuhan pita suara ini penyebabnya adalah pembedahan di leher atau karena kanker yang menyerang salah satu saraf ke laring. Alasan lainnya adalah karena penuaan suara, di mana otot kehilangan nada dan kekuatan.

Prosedur untuk membuat pita suara bersatu lebih efisien dapat membantu menghilangkan banyak kelemahan dan sesak napas. Cara tercepatnya adalah dengan menyuntikkan 'bahan pengisi' ke dalam pita suara, ini disebut dengan medialisasi.

Meski voice lift menyiratkan ini adalah prosedur 'kosmetik', tetapi sebenarnya tidak benar-benar mengubah suara. Prosedur ini hanya memberi kekuatan pada suara.

Di sisi lain, ini juga dapat membantu fungsi menelan dan batuk.

'Bahan pengisi' digunakan untuk menambah pita suara dan mencapai penutupan pita yang lebih baik, memberikan suara yang lebih kuat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS