Pertama di Indonesia, Popok Bayi Halal Siap Meluncur di Pasaran

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Pertama di Indonesia, Popok Bayi Halal Siap Meluncur di Pasaran
Peluncuran popok bayi halal Athari di RS. Islam Pondok Kopi, Jakarta Timur, Rabu (16/10/2019). (Suara.com/Dini Afrianti)

Salah pilih popok bayi, apalagi jika bayi memiliki kulit sensitif, bisa menyebabkan iritasi hingga ruam.

Suara.com - Pertama di Indonesia, Popok Bayi Halal Siap Meluncur di Pasaran

Memilih popok untuk bayi tak bisa sembarangan. Salah pilih popok bayi, apalagi jika bayi memiliki kulit sensitif, bisa menyebabkan iritasi atau ruam.

Untuk mengatasi masalah tersebut, produsen popok asal Indonesia Athari punya inovasi khusus. Menggunakan food grade gel, Athari meluncurkan produk popok bayi yang disebut-sebut sebagai popok lokal halal pertama di Indonesia, yang aman digunakan untuk anak alergi kulit sekalipun.

"Athari terbukti telah teruji secara klinis bahwa aman digunakan untuk bayi dan batita yang memiliki kulit sensitif. Terlebih bayi memang membutuhkan perawatan khusus dalam penggunaan popoknya, salah satunya penggunaan popok dengan bahan dasar yang aman," ungkap Dr. Daeng M. Faqih, Ketua IDI Periode dalam peluncuran popok Athari di RS. Islam Pondok Kopi, Jakarta Timur, Rabu (16/10/2019).

Baca Juga: 3 Rekomendasi Salep Ruam Popok yang Aman dan Ampuh untuk Bayi

Bahayanya penyakit kulit seperti ruam hingga infeksi jamur akan dialami anak saat penggunaan popok yang keliru, apalagi jika popok tidak bisa menyerap air dengan cepat. Nah, popok Athari ini digadang-gadang mampu menyerap air dalam 15 detik saja.

"Berangkat dari anak saya yang alergi tingkat tinggi, seperti saya juga alergi tinggi dan istri autoimun. Jadi susah sekali pakai popok apa saja pasti ruam. Kita riset bagaimana ruam si bayi, setelah sekian lama, kita gunakan food grade gel itu satu popok yang pertama gunakan kandungan gel," ujar Ferryandi selaku CEO PT. Buah Hatiku Global, produsen popok Athari.

Dalam pembuatan popok, Ferryandi mengatakan Athari telah dicoba kepada bayi dan orang tua selaku responden, termasuk anaknya yang berusia 8 bulan alerginya tidak lagi kambuh saat full menggunakan popok Athari.

Popok ini jadi halal lantaran proses produksinya sangat memikirkan nilai-nilai syariah. Sedangkan dari sisi kesehatan Athari juga mendapat rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Pengurus Nadlatul Ulama, Pengurus Muhammadiyah, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Peluncuran popok bayi halal Athari di RS. Islam Pondok Kopi, Jakarta Timur, Rabu (16/10/2019). (Suara.com/Dini Afrianti)
Peluncuran popok bayi halal Athari di RS. Islam Pondok Kopi, Jakarta Timur, Rabu (16/10/2019). (Suara.com/Dini Afrianti)

Ferryandi sadar betul bagaimana limbah popok masih jadi masalah lingkungan yang belum ditemukan solusinya. Karena itu juga Athari membuat tiga klasemen, yaitu Athari Proteksi Ekslusif, Athari Proteksi Total dan Athari Proteksi Premium. Untuk popok standart limbah gel tersebut dapat digunakan sebagai pupuk taman hidroponik.

Baca Juga: Bunda, Ini Lho Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Popok Si Kecil Agar Terhindar dari Risiko Ruam Popok

Sedangkan untuk popok premium memiliki keunggulan lebih karena masuk dalam kategori limbah biodegradable yang artinya limbah popok tersebut dapat hancur atau terurai oleh organisme hidup Iainnya, baik di tanah maupun air.