Suka Gatal di Payudara Benarkah Jadi Pertanda Kanker?

Ade Indra Kusuma | Dini Afrianti Efendi
Suka Gatal di Payudara Benarkah Jadi Pertanda Kanker?
Ilustrasi kanker payudara. (Dok : Istimewa)

Rasa gatal biasanya sangat khas efek dari meradangnya kanker payudara.

Suara.com - Suka Gatal di Payudara Benarkah Jadi Pertanda Kanker?

Setiap perempuan pasti pernah merasakan gatal di bagian payudara, dan itu normal. Namun desas desus yang ramai beredar rasa gatal ini jadi salah satu tanda kanker payudara, benarkah?

Mengutip laman Metro, Jumat (18/10/2019) Dokter Umum dan Konsultan Medis Medexpress, Dr. Clare Morrison membenarkan rasa gatal di payudara bisa jadi tanda adanya kanker.

Tapi tidak sembarangan gatal ya, rasa gatal biasanya sangat khas efek dari meradangnya kanker.

Seperti diketahui kanker payudara bisa menyebabkan peradangan, pembengkakan dan nyeri, tapi rasa gatal karena kanker jarang terjadi. Gatal yang menerpa payudara seringnya disebabkan hal lain yang tidak mengancam.

Ilustrasi kanker payudara. (Redorbit.com/Thinkstoc)
Ilustrasi kanker payudara. (Redorbit.com/Thinkstoc)

"Payudara yang gatal kemungkinan disebabkan hal yang tidak mengancam. Payudara yang gatal terjadi karena adanya iritasi pada kulit. Mungkin karena pembengkakan atau radang payudara, seperti kehamilan, perubahan pramentruasi, atau hormon, termasuk juga obat kontrasepsi," ujar Dr. Clare.

Selain itu keluhan adanya jerawat, kulit kering, alergi atau akibat terpapar matahari juga bisa memicu rasa gatal pada payudara. Biasanya gejala ini kerap dialami mereka yang memiliki masalah kulit. Ditambah lagi rasa gatal semakin parah karena aktivitas dan tidak bisa menjaga kebersihan.

Sebagai contoh rasa gatal bisa dipicu saat berolahraga, bra yang digunakan tidak tepat, sehingga payudara keluar. Ada juga penggunaan bra dengan bahan sintetis yang memperburuk kondisi kulit.

"Gatal di antara payudara umumnya disebabkan oleh panas berlebihan dan berkeringat. Ini dapat menyebabkan ruam keringat, jerawat dan infeksi jamur," ungkap Dr. Clare.

"Penting saat beraktivitas menggunakan bra yang pas dan terasa nyaman," sambungnya.

Sementara itu, bagian lipatan bawah payudara memiliki kelembaban yang bisa memicu infeksi kulit. Di kelipatan itu biasanya bakteri dan jamur hobi berkembang. Nah, ruam dan rasa gatal di bagian ini dikenal dengan istilah intertrigo.

Lalu, gejala gatal seperti apa yang patutnya dikhawatirkan dan harus segera mendapat penanganan medis?

Dr. Clare menyebutkan saat rasa gatal disertai gejala berlebih dan khas, apalagi disertai dengan benjolan, lesung kulit, dan terpendamnya puting, bahkan rasa sakit, segeralah periksakan diri ke dokter.

"Kadang-kadang payudara gatal bisa menjadi ciri kanker payudara yang meradang. Ini adalah tanda kanker yang serius dan agresif yang telah menyebar di jaringan payudara yang melewati kulit," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS