Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil, Bumil Harus Tahu!

Vika Widiastuti
Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil, Bumil Harus Tahu!
Ilustrasi kaki bengkak. (Shutterstock)

Pembengkakan parah saat malam hari dan cuaca panas.

Suara.com - Meski mengganggu, bengkak di pergelangan kaki selama kehamilan adalah hal yang normal. Bengkak tersebut diakibatkan cairan ekstra di tubuh dan meningkatnya tekanan pada rahim.

Pembengkakan biasanya akan memburuk saat ibu hamil mendekati tanggal kelahiran. Selain itu, juga akan lebih parah saat malam hari dan cuaca panas.

Namun, pembengkakan yang perlu diwaspadai adalah yang terjadi di wajah dan tangan. Hal ini bisa jadi indikator kondisi yang disebut preeklamsia atau tekanan darah tinggi saat kehamilan. Jika ibu hamil mengalami ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, berikut beberapa tips untuk mengatasi bengkak di kaki yang kerap dialami oleh ibu hamil, dilansir dari timesofindia.

1. Kurangi asupan natrium

Anda perlu membatasi asupan garam karena garam bisa membuat tubuh Anda memiliki lebih banyak air. Hindari pula makanan kaleng karena mengandung sodium. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan rosemary, thyme, dan oregano.

Ilustrasi garam. (Shutterstock)
Ilustrasi garam. (Shutterstock)

2. Konsumsi lebih banyak potasium

Kekurangan kalium bisa menyebabkan pembengkakan menjadi lebih buruk karena kalium bermanfaat untuk menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh. Makanan tinggi kalium di antaranya seperti kentang, pisang, bayam, kacang-kacangan, yoghurt, dan salmon.

3. Jagalah tubuh tetap terhidrasi

Meski kedengerannya membingungkan, tetapi minum banyak air justru bisa mengatasi pembengkakan. Hal ini karena ketika Anda dehidrasi, tubuh berpikir perlu menahan cairan untuk mengimbanginya.

4. Atur posisi kaki

Posisikan kaki lebih tinggi, misalnya menggunakan bantal saat Anda beristirahat. Hal ini membantu mengalirkan cairan yang telah terkumpul di kaki.

5. Pijatan

Mintalah pasangan untuk memijat kaki Anda untuk membantu mengedarkan cairan. Hal ini bisa mengurangi pembengkakan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS