Muka Jerawatan karena Stres? Ini Cara Menghilangkannya

Silfa Humairah Utami | Dini Afrianti Efendi
Muka Jerawatan karena Stres? Ini Cara Menghilangkannya
Ilustrasi jerawat saat stres. (Shutterstock)

Bagaimana mencegah muka jerawatan karena stres?

Suara.com - Muka Jerawatan karena Stres? Ini Cara Menghilangkannya

Jerawat jadi masalah kulit yang paling sering dialami. Pada perempuan biasanya terjadi menjelang atau setelah menstruasi. Tapi bagaimana tiba jerawat terus menerus terjadi? Padahal makanan sudah cukup dijaga.

Kalau sudah begini biasanya stres kerap jadi pemicunya. Lalu bagaimaja cara menanganinya stres yang memicu jerawat? Jawabannya adalah mengatur stres itu sendiri.

"Untuk mengelola stres, yang di manage nggak hanya pikiran saja itu bisa dari olahraga pola nutrisinya. Stres manajemen itu mind and soul, dari pola makan nutrisi," ujar Co-Founder of Soul Dewi Felicia Maukar di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2019).

Co-Founder of Soul Dewi Felicia Maukar di Plaza Indonesia. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)
Co-Founder of Soul Dewi Felicia Maukar di Plaza Indonesia. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Felicia yang juga seorang psikolog mengatakan, mengubah mindset atau pola pikir perlu dilakukan untuk kesehatan kulit. Salah satunya dengan metode self afirmasi atau kata penguat yang akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

"Mengatasi orang jerawat kita ajarkan self afirmasi. Kita ajarkan 'cantik kulit saya', 'bersih', saya percaya diri terus itu jerawatnya mulai sembuh," tutur Felicia.

Perlu diingat juga, bekerja memang baik tapi jangan hidup untuk bekerja, bekerjalah untuk hidup. Jadi kata Felicia ada kalanya kita harus melakukan hal-hal yang kita sukai, agar hormon kebahagiaan sedikit terpancar sehingga jadi lebih seimbang.

"Tapi itu memang kerjaanmu, tapi kamu harus imbangi dengan melakukan hal yang kamu sukai, entar dengerin musik kek, hal-hal simpel, entah pasang quote di meja kerja. Entah pakai lipstik, entah rooming your self, untuk membuat sense of worte-nya itu," paparnya.

Ingat ya, pikiran hanya jadi salah satu faktor, perlu juga loh untuk menyeimbangkan nutrisi yang kita makan, dan jangan lupa diimbangi dengan olahraga, dijamin deh, kulit kita bakal sehat.

"Tapi dengan itu nggak cuma pikiran doang, jerawatan tapi ngaku-ngaku cantik, kita kerjain aspek lain, dalam artian nutrisinya, olahraganya," ungkapnya.

Terakhir, perlu tahu juga nih kalau kalau jerawat salah satu tanda stres, karena adanya hormon tertentu yang memengaruhi kinerja organ tubuh. Jadi saat keluar dalam bentuk jerawat, itu salah satu upaya pertahanan tubuh yang keluar melalui kulit.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS