Lina Mantan Istri Sule Meninggal, Kenali 3 Komplikasi Penyakit Lambung

M. Reza Sulaiman
Lina Mantan Istri Sule Meninggal, Kenali 3 Komplikasi Penyakit Lambung
Ragam penyakit lambung yang bisa komplikasi. (Shutterstock)

Penyakit lambung memang tidak bisa menyebabkan kematian secara langsung. Meski begitu, penyakit lambung rentan menyebabkan komplikasi yang bisa mematikan.

Suara.com - Lina Mantan Istri Sule Meninggal, Kenali 3 Komplikasi Penyakit Lambung

Lina mantan istri komedian Sule, meninggal dunia hari ini. Diketahui, Lina meninggal setelah sebelumnya pernah dirawat di rumah sakit karena penyakit lambung.

Dikutip dari Alodokter, penyakit lambung memang tidak bisa menyebabkan kematian secara langsung. Meski begitu, penyakit lambung rentan menyebabkan komplikasi yang bisa mematikan.

Komplikasi dapat terjadi jika kondisi penyakit asam lambung atau GERD berlangsung dalam waktu yang lama. Komplikasi tersebut antara lain:

Luka pada dinding kerongkongan

Asam lambung bisa mengikis dinding kerongkongan dan menimbulkan luka atau tukak. Tukak pada kerongkongan bisa berdarah, serta menyebabkan nyeri dan kesulitan saat menelan.

Ilustrasi sakit lambung. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit lambung. (Shutterstock)

Penyempitan kerongkongan

Dinding kerongkongan bisa rusak karena teriritasi asam lambung secara terus-menerus. Iritasi dalam waktu lama akan menyebabkan luka dan terbentuknya jaringan parut di kerongkongan. Kondisi ini bisa membuat kerongkongan atau esofagus menyempit.

Ilustrasi pengidap asam lambung (Shutterstock)
Ilustrasi pengidap asam lambung (Shutterstock)

Esofagus Barrett

Esofagus Barrett adalah kondisi prakanker pada kerongkongan. Kondisi ini terjadi karena perubahan sel pada dinding kerongkongan akibat iritasi asam lambung secara terus menerus (esofagus Barrett). Kondisi prakanker ini berisiko menjadi kanker esofagus.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS