Catat! 9 Tips Merawat Bayi Kembar Seperti Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Catat! 9 Tips Merawat Bayi Kembar Seperti Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda
Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda menunjukkan foto anak kembarnya kepada wartawan. [Evi Ariska/Suara.com]

Merawat bayi kembar, khususnya bagi orangtua baru adalah pekerjaan ganda yang mungkin terasa sulit untuk dilakukan. Ini tips yang bisa Anda lakukan.

Suara.com - Catat! 9 Tips Merawat Bayi Kembar Seperti Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda

Syahnaz Sadiqah baru saja melahirkan bayi kembarnya di Rumah Sakit Bunda, Menteng, Jakarta Pusat pada 3 Januari 2020 lalu. Adik artis dan presenter Raffi Ahmad tersebut melahirkan keduanya secara caesar.

Bayi yang diberi nama Zayn dan Zunaira tersebut pun akhirnya dibawa pulang ke rumah pada Senin (6/1/2020). Untuk sementara dirinya bakal tinggal di rumah sang kakak, Raffi Ahmad.

Dalam Instagram Story-nya, isteri Jeje Govinda tersebut berbagi pengalamannya saat merawat dua buah hatinya di rumah. Saat itu, ia mengaku bersyukur jika sang kakak, Nisya bisa membantunya untuk merawat si kembar.

Ya, merawat bayi kembar, khususnya bagi orangtua baru adalah pekerjaan ganda yang mungkin terasa sulit untuk dilakukan. Setelah merasakan kegembiraan menyambut keduanya lahir di dunia, saat kembali ke rumah, banyak orangtu yang mungkin bertanya-tanya apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Untuk memberi orangtua baru informasi, berikut 9 tips penting bagi mereka yang memiliki bayi kembar seperti Syahnaz dan Jeje. Semoga tips ini bisa membantu melakukan penyesuaian dengan lebih mudah dan menyenangkan ya.

1. Minta dan terimalah bantuan dari orang lain

Ya, seperti Syahnaz yang dibantu sang kakak, setiap keluarga baru membutuhkan bantuan, tak terkecuali mereka yang baru saja melahirkan anak kembar. Selain fakta bahwa tubuh ibu baru saja melahirkan dua bayi, ibu juga perlu waktu untuk istirahat dan pulih setelah melahirkan.

Sekarang adalah waktunya untuk menerima bantuan seseorang, khususnya mereka yang dekat dengan ibu untuk bisa membantu. Meski begitu, saat ibu ingin memiliki waktu sendiri dengan buah hati, jangan ragu untuk meminta hal tersebut pada mereka yang membantu.

Ilustrasi ibu Menyusui. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu Menyusui. (Shutterstock)

2. Dapatkan bantuan dalam proses menyusui secepat mungkin

Menyusui adalah proses alami, tetapi tidak semua ibu merasa mudah untuk melakukannya. Butuh waktu untuk menjalin hubungan saat proses menyusui, terutama dengan bayi kembar. Mengatasi masalah apa pun di awal dapat membantu ibu mencapai hubungan yang sehat dengan bayi kembar mereka lebih cepat.

Pada awalnya mungkin sulit untuk menyusui bayi kembar secara bersama-sama, tetapi jika ibu sudah menemukan kuncinya, ibu akan menemukan cara yang membuat mereka nyaman dalam proses ini. Dapatkan bantuan untuk mempraktikkan bagaimana cara menyusui tandem. Ini dapat memaksimalkan waktu ibu, sehingga bisa digunakan dengan beristirahat, makan, dan melakukan hal lain di sela-sela menyusui.

Ingin tahu tips parenting lainnya untuk merawat bayi kembar seperti Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda? Simak di halaman selanjutnya ya!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS