Lucu! Kucing Bermasker Viral di Medsos, Tak Ingin Tertular Corona Covid-19?

M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Lucu! Kucing Bermasker Viral di Medsos, Tak Ingin Tertular Corona Covid-19?
Kucing mengenakan masker viral di media sosial, diduga agar tidak tertular virus Corona Covid-19 (Twitter/@meetissai)

Kucing tersebut diduga terpaksa memakai masker guna terhindar dari virus corona atau COVID-19. Benarkah demikian?

Suara.com - Lucu! Kucing Bermasker Viral di Medsos, Tak Ingin Tertular Corona Covid-19?

Seekor kucing yang kedapatan menggunakan masker pada bagian kepala tiba-tiba saja mendapatkan popularitas alias viral di media sosial.

Kucing tersebut diduga terpaksa memakai masker guna terhindar dari virus corona atau COVID-19.

Ditulis oleh AsiaOne, kucing dua warna tersebut tengah berjalan di jalanan Guangdong, China dan sedang bersama sang pemilik yang diketahui sedang berbelanja di kios pinggir jalan.

Ketika foto kucing menggunakan masker warna biru tersebut sampai di tangan seorang pengguna Twitter asal Jepang, ia tak segan untuk membaginya ke warganet lain.

Foto tersebut berhasil membuat jutaan warganet tersentuh. Meski tampak tak nyaman, namun si kucing memilih menurut. Untuk membuat kucing tetap bisa melihat, si empunya kucing membolongi bagian masker tepat di bagian kedua mata kucingnya.

Tak lama muncul foto-foto hewan berkaki empat lain menggunakan 'pakaian' preventif untuk mencegah mereka tertular infeksi virus corona COVID-19.

Sementara itu, badan kesehatan dunia WHO mengatakan belum ada bukti bahwa hewan peliharaan seperti kucing dan anjing dapat terinfeksi oleh COVID-19. Namun tentu saja, banyak warga China, lokasi wabah COVID-19 dimulai, memilih untuk melakukan langkah antisipasi.

Kucing mengenakan masker viral di media sosial, diduga karena tak ingin tertular virus Corona Covid-19 (Twitter/@meetissai)
Kucing mengenakan masker viral di media sosial, diduga karena tak ingin tertular virus Corona Covid-19 (Twitter/@meetissai)

Tapi tentu saja tidak semua hewan seberuntung itu. Di beberapa bagian wilayah di China, ada laporan tentang banyaknya warga yang meninggalkan hewan peliharaan mereka dalam keadaan buruk hingga mati karena menganggap binatang akan memperburuk kondisi wabah.

Beberapa lainnya bahkan secara tega membuat hewan peliharaan mereka dengan membuangnya melalui jendela apartement. Perilaku tersebut tentu menuai komentar seorang pelaku kesehatan di Singapura.

"Bahkan jika hewan peliharaan rentan terhadap virus, itu tidak berarti bahwa mereka akan menularkan virus corona kepada manusia," kata Profesor Wang Linfa dari Duke-NUS Medical School, pada sebuah konferensi pada 10 Februari 2020 lalu.

Cara terbaik untuk terhindar dari virus corona adalah dengan mempraktikan kebersihan diri seperti selalu mencuci tangan dengan sabun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS