Viral GERD Jadi Trending Topic di Twitter, Ini Fakta Penyakit Asam Lambung

M. Reza Sulaiman
Viral GERD Jadi Trending Topic di Twitter, Ini Fakta Penyakit Asam Lambung
Ilustrasi penyakit GERD dan asam lambung. (Shutterstock)

Pembahasan seputar GERD ramai di media sosial, terkait dengan dugaan penyebab kematian Ashraf Sinclair. Apa itu GERD sebenarnya?

Suara.com - Viral GERD Jadi Trending Topic di Twitter, Ini Fakta Penyakit Asam Lambung

Meninggalnya Ashraf Sinclair secara mendadak membuat netizen berspekulasi tentang penyebabnya. Bahkan di media sosial, muncul dugaan Ashraf Sinclair meninggal karena penyakit asam lambung alias GERD.

Pembahasan seputar GERD pun ramai di media sosial, menjadikan GERD sebagai salah satu trending topic saat ini. Lalu apa itu GERD sebenarnya?

Dilansir Hello Sehat, GERD adalah singkatan dari Gastroesophageal reflux disease, yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai penyakit asam lambung.

GERD terjadi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan (esofagus). Akibatnya, timbul rasa seolah terbakar di dada dan kerongkongan, karena lapisan kerongkongan tersebut mengalami iritasi.

Seseorang dinyatakan mengalami GERD adalah ketika mengalami kenaikan asam lambung ringan selama 2 kali seminggu, atau kenaikan asam lambung berat hingga minimal seminggu sekali.

Faktor Risiko GERD

Penyakit GERD adalah kondisi umum yang bisa dialami oleh siapa saja, baik lelaki maupun perempuan. Namun, risiko untuk mengalami penyakit GERD ini cenderung lebih tinggi pada orang yang obesitas, gangguan jaringan ikat, sedang hamil, perokok aktif, dan sering minum alkohol.

Tanda dan Gejala Penyakit GERD

Gejala utama dari GERD adalah ketika asam lambung yang seharusnya tetap berada di sistem pencernaan, justru naik kembali ke atas. Alhasil, asam lambung tersebut akan melewati katup kerongkongan yang terbuka.

Kondisi tersebutlah yang kemudian akan membuat kebanyakan orang merasakan sensasi terbakar di dada (heartburn). Sensasi seperti terbakar atau heartburn akibat GERD adalah munculnya rasa panas atau tidak nyaman di bagian belakang tulang dada.

Ilustrasi penyakit GERD dan asam lambung. (Shutterstock)
Ilustrasi penyakit GERD dan asam lambung. (Shutterstock)

Hal ini biasanya bisa semakin memburuk ketika Anda selesai makan, sedang berbaring atau membungkuk. Secara garis besarnya, gejala penyakit GERD adalah:

  • Merasa seperti ada makanan yang tersangkut di dalam kerongkongan, sulit menelan, serta cegukan.
  • Mengalami sensasi panas seolah terbakar di dada (heartburn), yang bisa menyebar sampai ke leher.
  • Sakit atau nyeri pada dada.
  • Timbul rasa asam atau pahit di mulut.
  • Ada cairan atau makanan yang naik dari dalam perut ke bagian mulut.
  • Masalah pernapasan, seperti batuk kronis dan asma.
  • Suara serak.
  • Sakit tenggorokan.

Kemungkinan masih ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda khawatir akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah segera dengan dokter Anda.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS