Ussy Sulistiawaty Sering Pingsan saat Hamil Anak Kelima, Normalkah?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Ussy Sulistiawaty Sering Pingsan saat Hamil Anak Kelima, Normalkah?
Ussy Sulistiawaty [Suara.com/Herwanto]

Ussy Sulistiawaty baru-baru ini memeriksakan kondisi kandungannya ke dokter karena sering pingsan saat hamil anak kelima.

Suara.com - Ussy Sulistiawaty, istri Andhika Pratama sekarang sedang hamil anak kelima. Pada kehamilan kali ini, Ussy Sulistiawaty pun merasa kondisinya lebih berat daripada kehamilan sebelumnya.

Andhika Pratama mengatakan Ussy Sulistiawaty lebih sering pingsan dan mengalami kejang-kejang pada kehamilan sekarang. Karena itu, Andhika membawa Ussy ke dokter kandungan karena khawatir terjadi hal buruk.

"Pagi ini kita mau ke dokter lagi, mau ngecek kondisinya Ussy. Karena, sudah 2 malam berturut-turut tanpa alasan yang jelas itu dia pingsan," kata Andhika Pratama dalam vlog channel YouTube mereka.

Andhika sempat menduga Ussy lebih sering pingsan karena kekurangan darah atau darah rendah. Tetapi, ia masih ingin memastikan bahwa kondisi Ussy dan calon bayinya baik-baik saja.

"Jadi pingsannya itu 2 kali berturut-turut. Jadi pingsan , sadar terus pingsan lagi. Nah pingsan kedua itu lebih seram karena badannya kejang dan kaku gitu," jelas Andhika.

Ussy Sulistiawaty sukses rayu Andhika Pratama belanja ke pasar.
Ussy Sulistiawaty sukses rayu Andhika Pratama belanja ke pasar.

Beberapa ibu hamil mungkin pernah mengalami kondisi yang serupa dengan Ussy Sulistiawaty. Dilansir dari Hello Sehat, pingsan ternyata hal yang normal terjadi saat hamil.

Karena, ibu hamil mengalami banyak perubahan, terutama sistem kardiovaskular (jantung). Perubahan sistem kardiovaskular meliputi detak jantung lebih cepat dan jumlah darah dalam tubuh bertambah 30-50 persen.

Sehingga pembuluh darah akan membesar dan tekanan darah akan menurun secara bertahap. Dalam kondisi ini, terkadang tubuh tidak bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Akibatnya, beberapa ibu hamil merasa pusing hingga pingsan saat hamil.

Ibu hamil bisa mengalami pingsan jika otak tidak menerima cukup aliran darah dan oksigen. Adapun beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan ibu hamil pingsan, antara lain:

1. Berdiri dari duduk yang terlalu cepat
2. Vasovagal syncope, kondisi yang menyebabkan turunnya tekanan darah dan detak jantung
3. Kurang makan dan minum
4. Anemia
5. Kepanasan
6. Hiperventilasi (napas berlebihan), kondisi yang terjadi akibat olahraga berlebihan

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS